MANAJEMEN STRATEGIS DINAS PENDIDIKAN DAERAH KHUSUS JAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANAK USIA DINI PADA PAUD (STUDI: ANALISIS LINGKUNGAN, PENETAPAN STRATEGI, IMPLEMENTASI STRATEGI, PENGENDALIAN STRATEGI)

SAFADILLA NUSAIBAH, . (2025) MANAJEMEN STRATEGIS DINAS PENDIDIKAN DAERAH KHUSUS JAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANAK USIA DINI PADA PAUD (STUDI: ANALISIS LINGKUNGAN, PENETAPAN STRATEGI, IMPLEMENTASI STRATEGI, PENGENDALIAN STRATEGI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategis yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Daerah Khusus Jakarta dalam upaya meningkatkan partisipasi anak usia dini pada pendidikan anak usia dini (PAUD). Fokus utama kajian ini mencakup empat tahapan manajemen strategis, yaitu analisis lingkungan, penetapan strategi, implementasi, dan pengendalian strategi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas pejabat struktural dan staf teknis yang terlibat langsung dalam program PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan secara aktif melakukan analisis lingkungan strategis dengan mempertimbangkan faktor sosial, budaya, dan teknis yang memengaruhi rendahnya angka partisipasi PAUD. Strategi ditetapkan melalui proses partisipatif dengan mengedepankan pembangunan PAUD Negeri, sosialisasi berbasis komunitas, dan penyelenggaraan seminar edukatif. Implementasi strategi melibatkan kolaborasi lintas sektor, tetapi masih menghadapi kendala seperti pengisian jabatan kepala PAUD dan keterbatasan data. Dalam tahap pengendalian, dinas melakukan evaluasi berkala dan penyesuaian strategi berbasis laporan pelaksanaan serta analisis capaian indikator seperti angka partisipasi kasar (APK). Penelitian ini menegaskan bahwa manajemen strategis di sektor pendidikan memerlukan pendekatan yang adaptif, kolaboratif, dan responsif terhadap dinamika lapangan. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi acuan penguatan kebijakan PAUD di tingkat daerah serta mendorong peningkatan efektivitas pelaksanaan program secara berkelanjutan. ***** This study aims to analyze the strategic management implemented by the Education Office of the Special Capital Region of Jakarta in increasing early childhood participation in Early Childhood Education (ECE). The study focuses on four main stages of strategic management: environmental analysis, strategy formulation, implementation, and strategic control. A qualitative research approach was used, employing data collection techniques such as in-depth interviews, observation, and document analysis. Informants included structural officials and technical staff directly involved in ECE programs. The results indicate that the Education Office actively conducts environmental analysis by considering social, cultural, and technical factors influencing the low participation rate in ECE. Strategies were formulated through a participatory process, emphasizing the establishment of public ECE centers, community-based outreach, and biannual educational seminars. The implementation stage involved cross-sector collaboration but faced challenges such as unfilled leadership positions at public ECE centers and limitations in data accuracy. In the control stage, the Office carried out regular evaluations and made strategic adjustments based on implementation reports and the analysis of key indicators such as Gross Enrollment Rate (GER). This study confirms that strategic management in the education sector requires an adaptive, collaborative, and responsive approach to on-the-ground realities. The findings provide implications for strengthening regional ECE policies and enhancing the effectiveness of program implementation on a sustainable basis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd. ; 2). Dr. Heru Santosa, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Safadilla Nusaibah .
Date Deposited: 14 Aug 2025 06:25
Last Modified: 14 Aug 2025 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61116

Actions (login required)

View Item View Item