HUBUNGAN SIKAP EKOLOGI DAN LITERASI EKOLOGI SISWA SMA DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN

AISHA AMALIA, . (2025) HUBUNGAN SIKAP EKOLOGI DAN LITERASI EKOLOGI SISWA SMA DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara sikap ekologi dan literasi ekologi dengan perilaku peduli lingkungan pada siswa SMA. Permasalahan yang melatarbelakangi adalah rendahnya partisipasi siswa dalam tindakan nyata peduli lingkungan. Pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, penelitian ini melibatkan 120 siswa dari total populasi 172 siswa yang dipilih melalui simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji statistik Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara sikap ekologi dan perilaku peduli lingkungan (koefisien korelasi 0,346; p-value 0,000), serta antara literasi ekologi dan perilaku peduli lingkungan (koefisien korelasi 0,377; p-value 0,000). Hasil ini mengindikasikan bahwa peningkatan sikap ekologi dan literasi ekologi siswa dapat berkontribusi terhadap pembentukan perilaku yang lebih peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun hubungan antara sikap ekologi dengan perilaku peduli lingkungan tergolong lemah dan hubungan antara literasi ekologi dengan perilaku peduli lingkungan juga tergolong lemah. kedua aspek tersebut tetap berperan penting dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada peserta didik. Temuan ini dapat mengimplikasikan sekolah untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan secara praktis melalui program seperti bank sampah dan proyek daur ulang. Literasi ekologi juga dapat ditingkatkan dengan media digital dan kolaborasi komunitas, serta pelatihan bagi guru. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan menambah variabel lain seperti dukungan keluarga dan teman sebaya guna mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif ***** This study investigates the relationship between ecological attitudes and ecological literacy with pro-environmental behavior among high school students. The research was motivated by the observed low levels of student engagement in concrete environmental actions. Employing a quantitative approach with a correlational design, the study sampled 120 students from a total population of 172 using simple random sampling. Data were collected through standardized questionnaires and analyzed using the Spearman Rho correlation test. The findings reveal a positive and statistically significant relationship between ecological attitudes and pro-environmental behavior (correlation coefficient = 0.346, p < 0.001), as well as between ecological literacy and pro-environmental behavior (correlation coefficient = 0.377, p < 0.001). Although the strength of these correlations is modest, both ecological attitudes and literacy are shown to play a critical role in fostering environmentally responsible behavior. These results underscore the importance of integrating environmental education into school curricula through practical initiatives such as waste bank programs and recycling projects. Moreover, ecological literacy may be enhanced through the use of digital media, community partnerships, and teacher training. Future research is encouraged to explore additional influencing factors, such as family and peer support, to develop a more comprehensive understanding of the determinants of pro-environmental behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. ; 2). Dr. Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Mikro Biologi > Ekologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Aisha Amalia .
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:45
Last Modified: 15 Aug 2025 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61185

Actions (login required)

View Item View Item