Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Menumbuhkan Keaktifan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PAI di SDN Sukadanau 06

ZAHRA HAFIZHAH, . (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Menumbuhkan Keaktifan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PAI di SDN Sukadanau 06. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVERRRR.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Sukadanau 06, serta menganalisis bagaimana model ini menumbuhkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripitif dengan teknik pengumpulann data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menyusun modul ajar yang mengarah pada sintaks PBL, namun tahap awal berupa penyajian masalah belum sepenuhnya mencerminkan langkah PBL yang ideal. Pelaksanaan pembelajaran telah mencakup diskusi kelompok dan presentasi, tetapi siswa belum sepenuhnya dibimbing untuk menyelidiki permasalahan secara mendalam. Siswa menunjukkan keaktifan belajar yang cukup tinggi, terutama saat diskusi dan kerja kelompok. Sementara itu, kemampuan berpikir kritis siswa masih bervariasi. Sebagian besar siswa berada pada kategori cukup kritis berdasarkan indikator seperti menyampaikan pendapat dan memberikan solusi. Evaluasi guru terhadap kemampuan berpikir kritis masih bersifat umum dan belum menggunakan instrumen khusus. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penggunaan rubrik penilaian berpikir kritis untuk mendukung proses evaluasi yang lebih terukur dan sistematis. / The study aims to describe the implementation of the Problem Based Learning (PBL) model in Islamic Religious Education at SDN Sukadanau 06, and to analyze how this model fosters student engagement and critical thinking skills. The research employed a descriptive qualitative approach, with data collected through observation, interview and documentation. The finding indicate that the teacher developed a teaching module aligned with the PBL approac. However, the initial stage problem presentation did not fully reflect the ideal PBL syntax. The learning activities included group discussion and student presentations, but students were not yet fully guided to independently explore contextual problems. Students showed a high level of engagement, especially during group discussions and collaborative tasks. However, their critical thinking skills varied. Most students were categorized as moderately critical based on indicators such as expressing opinions and proposing solutions. Teacher evaluation of critical thinking rubric to support more measurable and structured evaluation processes. Keywords: Problem Based Learning (PBL), Student Engagement, Critical Thinking, Teaching Module, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Khairil Ikhsan Siregar, Lc.,MA. 2) Mushlihin Amali Said, S.Pd.I.,MA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahra Hafizhah .
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:56
Last Modified: 15 Aug 2025 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61219

Actions (login required)

View Item View Item