ZAHRAH AYU PUTRI, . (2025) VARIASI BAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA DAN SMKN 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (903kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan variasi bahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X dari kedua sekolah terkait; mengkaji faktor penyebab penggunaan, serta; menganalisis perbedaan dan persamaan dari kedua sekolah yang dikaji. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini meliputi variasi bahasa segi penutur dan keformalan, faktor penyebab penggunaannya serta perbandingan data yang didapat dari kedua sekolah. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta dan SMKN 10 Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, perekaman dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu tuturan sejumlah 206 tuturan dengan variasi bahasa segi penutur sosiolek dan idiolek secara dominan serta variasi bahasa segi keformalan usaha secara dominan ditemukan. Terkait faktor penyebab yang paling mempengaruhi penggunaan variasi bahasa yang ditemukan yaitu dominan oleh faktor situasi dan waktu. Dari hasil analisis yang didapatkan terdapat perbedaan dan persamaan terkait penggunaan variasi bahasa serta faktor yang mempengaruhi dari kedua sekolah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variasi bahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kedua sekolah didominasi oleh sosiolek dan idiolek, dengan ragam usaha sebagai tingkat keformalan yang paling sering digunakan. SMKN 10 Jakarta menunjukkan keberagaman sosiolek yang lebih tinggi dibandingkan SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Faktor situasi dan waktu menjadi penyebab utama penggunaan variasi bahasa, dengan pengaruh teknologi dan media sosial yang signifikan terutama di kalangan siswa sekolah kejuruan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman dinamika bahasa dalam konteks pendidikan formal dan dapat menjadi acuan untuk pengembangan strategi pedagogi pada pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih efektif. Kata Kunci : variasi bahasa, segi penutur, segi keformalan, faktor penyebab, ***** This study aims to identify and describe language variations in Indonesian language learning interactions among grade X students from the two schools concerned; examine the factors causing use, and analyze the differences and similarities between the two schools studied. The research method used is descriptive qualitative. The focus of this research includes language variations in terms of speakers and formality, factors causing its use, and a comparison of data obtained from the two schools. The data sources in this study were Indonesian language teachers and grade X students at SMA Muhammadiyah 23 Jakarta and SMKN 10 Jakarta. Data collection techniques used were observation, interviews, recordings, and questionnaires. Data analysis techniques included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are 206 utterances, with language variation predominantly based on speaker sociolect and idiolect, and language variation predominantly based on formality of business. The causal factors most influencing the use of language variation found were situational and time factors. The analysis revealed differences and similarities in the use of language variations and influencing factors in the two schools studied. Based on the results, it can be concluded that language variations in Indonesian language learning interactions at both schools are dominated by sociolects and idiolects, with the business variety being the most frequently used level of formality. SMKN 10 Jakarta exhibited higher sociolect diversity than SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Situational and temporal factors were the primary drivers of language variation use, with technology and social media playing a significant role, especially among vocational school students. This research contributes to the understanding of language dynamics in the context of formal education and can be a reference for developing more effective pedagogical strategies in Indonesian language learning. Keywords: language variations, speaker perspective, formality, causal factors,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. 2). Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Zahrah Ayu Putri . |
Date Deposited: | 18 Aug 2025 12:00 |
Last Modified: | 18 Aug 2025 12:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |