ESTHER MELYTA SIMANJUNTAK, . (2016) HUBUNGAN ANTARA EKUITAS MEREK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BIG COLA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI ESTHER.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara ekuitas merek dengan keputusan pembelian konsumen Big Cola pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Oktober 2015 sampai Februari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan tata niaga di Universitas Negeri Jakarta yang mengetahui produk Big Cola yang berjumlah 168 orang. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 115 orang yang pernah membeli atau mengkonsumsi produk Big Cola. Dengan teknik sampel Purposive Sampling. Untuk menjaring data variabel X (Ekuitas merek) dan variabel Y (Keputusan Pembelian), digunakan instrument berbentuk skala likert. Sebelum digunakan instrument untuk variabel X dan variabel Y digunakan uji validitas konstruk melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (ekuitas merek) sebesar 0,892 dan variabel Y (Keputusan Pembelian) sebesar 0,93. Hasil ini menunjukkan kedua variabel tersebut reliabel. Uji persyaratan analisis yang diakukan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 20,04+0,96X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung= 0,06758 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar = 0,8262. Maka Lo < Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat F Hitung (0,86) < F Tabel (1,60). Ini menunjukkan bahwa model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh F Hitung (104,97) > F Tabel (3,92), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy= 0,694, maka ini berarti terdapat hubungan positif antara ekuitas merek dengan keputusan pembelian Big Cola. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Sedangkan ttabel= pada dk = n-2 = 115 – 2 = 113 dan taraf signifikansi 0,05 adalah (1,98), berarti thitung>ttabel. Hasil yang diperoleh adalah thitung = (10,25), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ekuitas merek dengan keputusan pembelian Big Cola pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh rxy2 = 0,6942 = 0,4816. Ini menunjukkan bahwa 48,16% variasi ekuitas merek dengan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Corry Yohana M.M ; 2). Drs. Nurdin Hidayat M.M, M.Si, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 23:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 23:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6134 |
Actions (login required)
View Item |