YUNIAWATI AMBAR SAVITRI, . (2025) STRATEGI KEBERHASILAN PROGRAM ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI SDN PONDOK LABU 02 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (753kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Asesmen nasional merupakan penilaian kualitas mutu pendidikan yang dilakukan secara menyeluruh yang meliputi instrumen penilaian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar dengan penilaian melalui komputer menggunakan sistem CAT, sehingga disebut Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan SDN Pondok Labu 02 Jakarta Selatan dalam mencapai keberhasilan program ANBK. Sub fokus penelitian meliputi: perencanaan, implementasi, dampak, faktor pendukung, dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan strategi untuk keberhasilan program ANBK antara lain, analisis rapor pendidikan, analisis iklim lingkungan/manajemen sekolah, analisis kesiapan peserta didik, pengintegrasian pembelajaran dan membentuk kegiatan bimbingan belajar. 2) Implementasi strategi untuk keberhasilan ANBK antara lain, integrasi pembelajaran literasi dan numerasi pada pembelajaran, program pembiasaan sekolah, dan kegiatan bimbingan belajar. 3) Dampak strategi dapat dirasakan oleh sekolah dan peserta didik antara lain, sebagai pedoman penyusunan anggaran, sebagai branding sekolah, meningkatkan literasi dan numerasi, meningkatkan rasa keingintahuan, menambah pengetahuan dan pengalaman, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logika, serta mengetahui cara pengoperasian komputer. 4) Faktor pendukung strategi program antara lain, ketersedian fasilitas yang memadai, kemampuan yang dimiliki peserta didik, dan support yang diberikan oleh seluruh stakeholder. Sedangkan faktor penghambat strategi antara lain, perangkat dan jaringan yang terkadang mengalami error dan minimnya kemampuan yang dimiliki peserta didik bagi peserta ANBK yang kurang. ***** The national assessment is a comprehensive evaluation of educational quality, encompassing assessment instruments such as the Minimum Competency Assessment (AKM), character surveys, learning environment surveys, and computer-based assessments utilizing the CAT system. Therefore, it is called the Computer-Based National Assessment (ANBK). This study aims to describe the strategy implemented by SDN Pondok Labu 02, South Jakarta, to achieve success in the ANBK program. The research focuses on planning, implementation, impact, supporting factors, and inhibiting factors. It uses a qualitative approach and a descriptive method, collecting data through observation, interviews, and documentation. The findings show that: 1) Strategic planning for the ANBK program's success involves analyzing education report cards, evaluating the school’s environment and management, assessing student readiness, integrating learning, and organizing tutoring activities. 2) Strategies for implementing ANBK include integrating literacy and numeracy skills into lessons, establishing school habituation programs, and conducting tutoring. 3) The strategy's impact benefits both schools and students, including serving as a guide for budgeting, enhancing school branding, improving literacy and numeracy, increasing curiosity, expanding knowledge and experience, developing critical thinking and logical skills, and teaching students how to operate computers. 4) Supporting factors include the availability of sufficient facilities, students' abilities, and support from all stakeholders. Conversely, inhibiting factors consist of occasional device and network errors and students' limited skills for participating in ANBK.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Suryadi; 2). Dimas Kurnia Robby, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Yuniawati Ambar Savitri . |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 05:58 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 05:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |