LAELA FATHIYATUNNISA, . (2025) MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN BERBASIS PODCAST MENGGUNAKAN SPOTIFY (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI MTS ISTIQLAL JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran spotify pada pembelajaran Bahasa Arab di MTs Istiqlal Jakarta. Penelitian ini dilakukan guna menciptakan variasi media dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya pada keterampilan mendengarkan sehingga pembelajaran menjadi beragam, menyenangkan dan memudahkan bagi siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model 4 D yang berisi empat tahapan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan 4D adalah salah satu model yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mengembangkan materi pembelajaran. Model ini dikembangkan oleh Thiagarajan dkk pada tahun 1974 dan sering digunakan untuk merancang produk pendidikan, seperti modul pembelajaran, media pembelajaran, atau perangkat pembelajaran lainnya. Istilah "4D" merujuk pada empat tahapan utama dalam proses pengembangan, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada tahapan define diketahui bahwa spotify belum pernah diterapkan di MTs Istiqlal Jakarta dan pada tahap ini peneliti melakukan analisis kebutuhan pada siswa kelas VII. 2) Pada tahapan design dilakukan penetapan materi bab 1 hingga bab 3. 3) Pada tahapan pengembangan dilakukan rekaman suara dan pembuatan podcast pada aplikasi spotify dan validasi kepada ahli materi dan ahli media. Perolehan ahli materi rata-rata persentase skor 94% yang termasuk dalam kategori sangat layak dan perolehan ahli media rata-rata persentase skor 92% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 4) Hasil uji coba media Spotify pada kelas VII MTs Istiqlal Jakarta diperoleh rata – rata persentase skor 89% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian maka media pembelajaran keterampilan mendengarkan menggunakan spotify layak digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan mendengarkan. Kata kunci : pengembangan Maharah Istima’, Podcast, Spotify/ ***** This research aims to develop spotify learning media in Arabic language learning at MTs Istiqlal Jakarta. This research was carried out to create a variety of media in learning Arabic, especially in listening skills so that learning becomes interesting, fun and easy for students. The research and development model used in this study is the 4D model, which includes four stages of development. This model was developed by Thiagarajan et al 1974 and is widely used in the field of education to design educational products such as learning modules, media, or other teaching tools. The term 4D refers to the four main stages in the development process, namely: Define, Design, Develop, and Disseminate. The results of this study show that 1) At the define stage, it is known that spotify has never been applied in MTs Istiqlal Jakarta and at this stage the researcher conducted a needs analysis on grade VII students. 2) At the design stage, the determination of chapter 1 to 3. 3) At the development stage, voice recording is conducted and podcast creation on the spotify application and validation is carried out to material experts and media experts. The average percentage of material experts is 94% which is included in the very feasible category and the average percentage of media experts is 92% which is included in the very feasible category. 4) The results of the Spotify media trial in class VII MTs Istiqlal Jakarta obtained an average score percentage of 89% with a very decent category. Thus, the media for learning listening skills using Spotify is suitable for use as a medium for learning listening skills. Keywords: development of listening skills, podcast, Spotify
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Siti Jubaidah, M.A ; 2). Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Laela Fathiyatunnisa . |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:25 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |