PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS APLIKASI KBM (KOMUNITAS BISA MENULIS) KARYA ASMA NADIA DAN ISA ALAMSYAH DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMP

ANITA RIZKIYANTI, . (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS APLIKASI KBM (KOMUNITAS BISA MENULIS) KARYA ASMA NADIA DAN ISA ALAMSYAH DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMP. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] Text
lampiran dan riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengembangkan sebuah bahan ajar menulis teks cerpen yang inovatif dan relevan. Bahan ajar ini secara spesifik dirancang berbasis aplikasi Komunitas Bisa Menulis (KBM), sebuah platform digital yang diciptakan oleh penulis ternama Asma Nadia dan Isa Alamsyah. Tujuan pengembangan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada realitas rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen, yang diperparah oleh minimnya media pembelajaran yang efektif dan mampu merangsang daya pikir kreatif mereka. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan sistematis, yaitu Analysis (analisis kebutuhan), Design (perancangan bahan ajar), Development (pengembangan dan validasi), Implementation (implementasi terbatas), dan Evaluation (evaluasi hasil). Sumber bahan ajar diambil dari konten-konten inspiratif dan kontekstual yang tersedia di aplikasi KBM. Bahan ajar ini telah melalui validasi ketat oleh para ahli, termasuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan praktisi pendidikan, yang memberikan penilaian "sangat layak" untuk digunakan. Oleh karena itu, modul ini dapat menjadi alternatif inovatif untuk pembelajaran menulis di SMP, sekaligus mendukung pengembangan literasi dan kreativitas siswa melalui pendekatan berbasis teknologi. Kata Kunci : Pengembangan bahan ajar, menulis cerpen, aplikasi KBM, berpikir kreatif, ADDIE, siswa SMP. This research aims to develop an innovative and relevant short story writing teaching material. This material is specifically designed based on the Komunitas Bisa Menulis (KBM) application, a digital platform created by renowned authors Asma Nadia and Isa Alamsyah. The goal of this development is to improve the creative thinking skills of junior high school (JHS) students. The background of this research is based on the low ability of students in writing short stories, which is exacerbated by the lack of effective learning media that can stimulate their creative thinking. The methodology used in this research is Research and Development, adopting the ADDIE model. This model consists of five systematic stages: Analysis (needs analysis), Design (designing the teaching material), Development (development and validation), Implementation (limited implementation), and Evaluation (evaluation of results). The teaching material content is sourced from the inspiring and contextual content available in the KBM application. This material has undergone rigorous validation by experts, including material experts, instructional design experts, and educational practitioners, who gave it an "extremely suitable" rating for use. Therefore, this module can be an innovative alternative for writing instruction in JHS, while also supporting the development of students' literacy and creativity through a technology-based approach. Keywords: Development of teaching materials, short story writing, KBM application, creative thinking, ADDIE, junior high school students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Saifur Rahman, S.S., M.Hum. 2). Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Anita Rizkiyanti .
Date Deposited: 18 Aug 2025 15:55
Last Modified: 18 Aug 2025 15:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61503

Actions (login required)

View Item View Item