MODEL MEDIA TASHRIPOLY UNTUK PEMBELAJARAN TASHRIF LUGHAWI PADA SISWA KELAS XI (Penelitian Pengembangan di SMA Islam Swasta As-Syafi'iyah 02 Bekasi)

ANNIDA ZAHRA, . (2025) MODEL MEDIA TASHRIPOLY UNTUK PEMBELAJARAN TASHRIF LUGHAWI PADA SISWA KELAS XI (Penelitian Pengembangan di SMA Islam Swasta As-Syafi'iyah 02 Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membantu mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa dalam memahami dan menguasai kaidah tashrif lughawi, serta untuk meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap materi-materi yang berkaitan dengan tashrif lughawi dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model media pembelajaran berupa media Tashripoly untuk pembelajaran tashrif lughawi, di SMA Islam Swasta As-Syafi'iyah 02 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan ASSURE yang terdiri dari enam tahap yaitu: (1) Analisis karateristik dan kebutuhan siswa kelas 11 SMA Islam Swasta 02 Bekasi, (2) Menentukan Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), dan tujuan pembelajaran materi yang berkaitan dengan tashrif lughawi di kelas 11 SMA Islam Swasta 02 Bekasi, (3) Memilih metode, materi, dan media pembelajaran yang digunakan dalam media pembelajaran Tashripoly, serta mendesain media pembelajaran tersebut, (4) Memanfaatkan metode, materi, dan media yang dipilih berdasarkan dengan hasil analisis dan wawancara. Kemudian melakukan pengembangan produk melalui penilaian ahli materi dan ahli media, (5) Mendorong partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas menggunakan media pembelajaran Tashripoly, (6) Mengevaluasi dan merevisi media melalui angket yang diberikan kepada 30 siswa kelas 11 SMA Islam Swasta 02 Bekasi. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan jika siswa merasa kesulitan dalam mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan tashrif lughawi dalam pelajaran bahasa Arab sehingga siswa membutuhkan inovasi media pembelajaran yang menarik untuk mempelajari materi-materi tersebut. Hasil analisis kebutuhan terhadap 30 siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam mempelajari tashrif lughawi dan sangat membutuhkan adanya media pembelajaran yang menarik untuk tashrif lughawi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran Tashripoly untuk pembelajaran tashrif lughawi, khususnya materi-materi yang berkaitan dengannya. Penilaian terhadap media berdasarkan validasi yang dilakukan oleh para ahli. Hasil penilaian ini mendapatkan kategori "Sangat Layak" dengan presentase 97,5 % dari ahli materi dan mendapatkan kategori "Sangat Layak" dengan persentase 92% dari ahli media, serta mendapatkan kategori "Sangat Layak" dengan presentase 91,15% dari hasil evaluasi uji coba tanggapan siswa terhadap media. Dengan demikian, produk media pembelajaran Tashripoly yang telah peneliti kembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran tashrif lughawi. ***** This research was conducted to help overcome learning difficulties faced by students in understanding and mastering the rules of tashrif lughawi, as well as to increase their interest in learning and their understanding of tashrif lughawi-related materials in Arabic language lessons. This research aims to develop a learning media model in the form of Tashripoly to support the teaching of tashrif lughawi at As-Syafi'iyah 02 Islamic Senior High School, Bekasi. The research method used in this study is Research and Development (R&D), employing the ASSURE model, which consists of six stages: (1) Analyzing the characteristics and learning needs of 11th grade students at As-Syafi'iyah 2 Islamic Senior High School; (2) Stating the Basic Competencies, Indicators of Competency Achievement (IPK), and learning objectives for materials related to tashrif lughawi in 11th Grade; (3) Selecting appropriate methods, materials, and media for the Tashripoly learning media and designing the media accordingly; (4) Utilizing the selected methods, materials, and media based on the results of the learner analysis and teacher interviews, followed by product development through expert validation by a material expert and a media expert; (5) Requiring active learners participation in classroom instruction using the Tashripoly learning media; and (6) Evaluating and revising the media based on the questionnaire responses from 30 of 11th Grade Students at As-Syafi'iyah 02 Islamic Senior High School. Based on the research data obtained, the researcher concludes that the results of the student needs analysis indicate that students experience difficulties in learning materials related to tashrif lughawi in Arabic language lessons. Therefore, students require innovative and engaging learning media to support their learning of these materials. The needs analysis conducted with 30 students showed that the majority of them struggle to understand tashrif lughawi and express a strong need for attractive learning media focused on this topic. Consequently, it is necessary to develop the Tashripoly learning media to facilitate the teaching and learning of tashrif lughawi, particularly materials related to it.The media was evaluated based on validations conducted by experts. The results showed that the media received an "Very Feasible" category with a score of 97.5% from the subject matter expert, and also received an " Very Feasible " category with a score of 92% from the media expert. In addition, it obtained an " Very Feasible" category with a score of 91.15% based on student responses during the trial evaluation. Therefore, the Tashripoly learning media developed by the researcher is considered highly feasible for use in teaching tashrif lughawi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Marzuq, M.Pd. ; 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 27762 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:09
Last Modified: 19 Aug 2025 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61533

Actions (login required)

View Item View Item