RISKA MUTIA AFIFA AZZAHRA, . (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP EMPATI KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KELURAHAN SUNTER JAYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1 (1).pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap empati komunikatif dalam pembelajaran siswa kelas V sekolah dasar Kelurahan Sunter Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu kelas VC sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala likert dengan empat indikator empati komunikatif: kemampuan menyampaikan ide secara efektif, kemampuan mendengarkan secara aktif, kemampuan menyampaikan informasi dengan jelas, serta penggunaan bahasa yang sopan dan efektif. Berdasarkan hasil uji hipotesis Independent Sample T-Test, diperoleh nilai signifikansi sebesar < 0.001 yang dimana nilai signifikansi tersebut kurang dari 0.05, maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa model Cooperative Learning tipe Jigsaw mampu meningkatkan empati komunikatif siswa secara lebih efektif dibandingkan model konvensional. Oleh karena itu, model Cooperative Learning tipe Jigsaw direkomendasikan sebagai alternatif model pembelajaran IPS yang tidak hanya berorientasi pada akademik, tetapi juga pembentukan karakter dan keterampilan sosial siswa. ***** This study aims to determine the effect of the Jigsaw Cooperative Learning model on communicative empathy in the learning of fifth-grade elementary school students in Sunter Jaya Village. This study uses a quasi-experimental method with a Nonequivalent Control Group Design. The sample used in this study consisted of two classes selected using the simple random sampling technique, namely class VC as the experimental class and class VB as the control class. The data collection technique used was a Likert scale questionnaire with four indicators of communicative empathy: the ability to convey ideas effectively, the ability to listen actively, the ability to convey information clearly, and the use of polite and effective language. Based on the results of the Independent Sample T-Test hypothesis test, a significance value of < 0.001 was obtained, which is less than 0.05. Therefore, it can be said that H0 is rejected and Ha is accepted. These findings indicate that the Jigsaw Cooperative Learning model is more effective than the conventional model in improving students' communicative empathy. Therefore, the Jigsaw Cooperative Learning model is recommended as an alternative social studies learning model that is not only academically oriented but also focuses on character building and social skills development.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Taofik, M. Pd.; 2). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29185 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 06:28 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 06:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |