PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK KARTU MISTERI PADA MATERI MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SEKOLAH DASAR

PUTRI KHOIRUNNISA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK KARTU MISTERI PADA MATERI MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN (11)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media kotak kartu misteri sebagai media pembelajaran menurut validasi ahli dan uji coba produk sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar yang berfokus pada menulis deskripsi. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode Research and Development (RnD) dengan memanfaatkan model pengembangan ASSURE dan menggunakan uji validitas yang terdiri dari uji media, materi dan bahasa dengan menggunakan instrument angket skala Likert. Hasil yang didapatkan yakni rata-rata skor persentase sebesar 99% yang didapatkan dari uji ahli media, materi dan bahasa. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas IV SDN Pondok Pinang 01 Pagi, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Uji coba produk mendapatkan rata-rata skor persentase sebesar 98% untuk hasil uji coba yang terdiri dari uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Terdapat peningkatan kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas IV sekolah dasar dengan skor normal gain sebesar 0,35 dengan kategori peningkatan sedang. ***** This research and development aim to develop and determine the feasibility of the Mystery Card Box as a learning medium based on expert validation and product trials, specifically for teaching Indonesian language in fourth grade of elementary school with a focus on descriptive writing skills. The method used in this study is Research and Development (RnD), utilizing the ASSURE development model and employing validity tests which include media, material, and language validation using a Likert scale questionnaire instrument. The results showed an average percentage score of 99% obtained from media, material, and language expert evaluations. The product trials were conducted with fourth grade students at SDN Pondok Pinang 01 Pagi, Kebayoran Lama, South Jakarta. The product trials achieved an average percentage score of 98%, covering individual trials, small group trials, and field trials. There was an increase in the ability to write descriptive of 4^thgrade elementary school with a normal gain score of 0,35 with medium increase category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anggit Aruwiyantoko, M.Pd.; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 31013 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:05
Last Modified: 19 Aug 2025 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61556

Actions (login required)

View Item View Item