SABRINA AZZAHRA, . (2025) MODEL MEDIA PERMAINAN LUDO UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI MTSN 31 JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk model media permainan berupa ludo bahasa Arab untuk keterampilan membaca siswa kelas VII di MTSN 31 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam membaca teks Arab serta menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan dengan 5 tahap, yaitu untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan siswa MTSN 31 Jakarta Timur, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk, serta mengetahui evaluasi produk media permainan ludo untuk keterampilan membaca bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan bahwa siswa merasa lebih bersemangat dalam belajar jika terdapat kompetisi atau tantangan dalam pembelajaran, sehingga siswa membutuhkan inovasi media pembelajaran yang menyenangkan dan kompetitif. Perancangan media permainan dilakukan dengan menentukan rencana desain produk dan pembentukan sistem permainan. Pengembangan dilakukan berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh para ahli. Hasil penilaian ini mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan persentase 96% dari ahli materi dan mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan persentase 90% dari ahli media. Implementasi media permainan ludo dilakukan kepada 32 siswa kelas VII MTSN 31 Jakarta Timur. Hasil evaluasi produk melalui angket kepada siswa, memperoleh nilai 88,25% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, produk media permainan ludo yang telah peneliti kembangkan sangat layak digunakan untuk keterampilan membaca bahasa Arab.***** This research aims to develop a media product model in the form of an Arabic Ludo game to improve the reading skills of seventh-grade students at MTSN 31 East Jakarta. This research was conducted to address students low interest and ability in reading Arabic texts, and to make the learning process more interactive and enjoyable. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The study was carried out in five stages: analyzing students’ needs, product design, product development, product implementation, and evaluating the Ludo game media for Arabic reading skills. The needs analysis results showed that students felt more enthusiastic about learning when there was competition or challenge, indicating the necessity of an engaging and competitive learning medium. The game media was designed by formulating a product design plan and developing the game system. The development was carried out based on validations by experts. The results of this assessment received the “Very Decent” category with a percentage of 96% from material experts, and received the “Very Decent” category with a percentage of 90% from media experts. The Ludo game media was implemented with 32 seventh-grade students at MTSN 31 East Jakarta, and the product evaluation through student questionnaires resulted in a score of 88.25% in the “Very Decent” category. Thus, the Ludo game media developed by the researcher is highly suitable for use in improving Arabic reading skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Hendrawanto, M.A., M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Sabrina Azzahra . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:01 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 04:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |