MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA KELAS V SDN KARET 04

AKBAR SRI NUGROHO, . (2025) MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NAPZA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA KELAS V SDN KARET 04. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) sangat berbahaya bagi kesehatan apabila disalahgunakan. Oleh karena itu, pemahaman akan NAPZA perlu ditanamkan sejak dini. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan bahaya penyalahgunaan NAPZA melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Karet 04 dengan subjek penelitiannya ialah siswa kelas V-B yang berjumlah 23 orang. Dalam penelitian tindakan kelas ini model yang digunakan ialah Model Kemmis & Mc. Taggart. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pengetahuan siswa akan bahaya penyalahgunaan NAPZA pada siklus I sebesar 60,87% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pengetahuan bahaya penyalahgunaan NAPZA untuk siswa kelas V di SDN Karet 04. ************************************************************ Narcotics, psychotropics, and other addictive substances (NARCO) are very harmful to health when abused. Therefore, an understanding of drugs needs to be instilled from an early age. This class action research was carried out to increase knowledge of the dangers of drug abuse through a problem-based learning model in grade V elementary school students. This class action research was carried out at SDN Karet 04 with the research subjects being 23 students in grades V-B. In this class action research, the model used is the Kemmis & Mc. Taggart Model. The results of this class action research show that students' knowledge of the dangers of drug abuse in the first cycle is 60.87% and increased in the second cycle by 82.61%. The conclusion of this study is that the use of a problem-based learning model can increase knowledge of the dangers of drug abuse for grade V students at SDN Karet 04.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd.; 2). Engga Dallion. EW, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Akbar Sri Nugroho .
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:59
Last Modified: 19 Aug 2025 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61577

Actions (login required)

View Item View Item