PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTIONARY GAME (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Karet Kuningan 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan)

HESHI GISCA DWIERZA, . (2014) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTIONARY GAME (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Karet Kuningan 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
04. KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
09. BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini untuk mendapatkan data dengan menggunakan metode pembelajaran Pictionary Game agar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa di kelas IV. Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar guru belum dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, karena masih cenderung menerapkan pembelajaran yang konvensional. Guru belum berupaya maksimal untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Karet Kuningan 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan melalui metode pembelajaran pictionary game dengan sampel berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan kelas/pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan non tes berupa instrumen pemantau tindakan, dan catatan lapangan Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan metode pictionary game pada siklus I yaitu 51,43% dan menjadi 85,71% pada siklus II. Hasil instrumen pemantau tindakan aktifitas guru dan siswa sebesar 62,50% menjadi 82,50% pada siklus ll. Hasil ini menggambarkan bahwa siswa kelas IV SDN Karet Kuningan 01 Pagi mengalami peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nidya Chandra M.U, S.Pd, M.Si. ; 2). Ika Lestari, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Oct 2019 11:41
Last Modified: 25 Oct 2019 11:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item