PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU FLASH DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN DI KELURAHAN RAWAMANGUN

QANITA NUR ALLIFA, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU FLASH DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN DI KELURAHAN RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan berupa rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV yang disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kurangnya penerapan model dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga keterlibatan siswa cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem based learning Berbantuan Flashcard Digital terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN di Kelurahan Rawamangun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan design True Experiment Pre-test-Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD di wilayah Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2024/2025. Teknik sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas IV di SDN Rawamangun 01 Pagi, Jakarta Timur berjumlah 60 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes objektif, kuesioner, dan tes terbuka. Data dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian diuji menggunakan uji prasyarat, uji efektivitas, dan uji-hipotesis. Hasil penelitian memperoleh nilai t hitung sebesar 2,371 ≤ dari t tabel sebesar 2,001 pada taraf signifikansi α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model problem based learning berbantuan media flashcard digital terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2024/2025 pada muatan pembelajaran IPS ***** This research addresses the low social studies learning outcomes of grade IV students, primarily due to the limited use of varied learning models and media, leading to low student engagement. The study aims to assess the impact of the Problem-based Learning Model supported by Digital Flashcard s on learning outcomes for grade IV students in Rawamangun Village. It employs a quantitative experimental method with a True Experiment Pre-test-Post-test Control Group Design, focusing on grade IV students in Rawamangun Village, East Jakarta, during the 2024/2025 Academic Year. A cluster random sampling technique selected 60 students from SDN Rawamangun 01 Pagi as the research sample. Data collection included observations, objective tests, questionnaires, and open tests, analyzed for validity and reliability. Results showed a t-value of 2.371, exceeding the t-table of 2.001 at a significance level of α = 0.05. This indicates a significant effect of the problem-based learning model with digital flashcard s on social studies learning outcomes for these students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.; 2). Taofik, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Qanita Nur Allifa
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:22
Last Modified: 19 Aug 2025 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61626

Actions (login required)

View Item View Item