ZALFA AULIA ZAHRANI, . (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA BHAKTI PERTIWI KRANJI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB II (2).pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan akhlakul karimah pada anak usia dini, khususnya pada aspek kesopanan dan kejujuran, menggunakan teori Al-Ghazali, serta untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi metode pembiasaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas B1 RA Bhakti Pertiwi Kranji. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan kesopanan dan kejujuran dilakukan dengan hadits dan cerita, teladan dalam keseharian guru, membiasakan dalam situasi nyata, memberi motivasi, memberi teguran dan apresias,; serta evaluasi sebagai tindak lanjut Sementara faktor yang memengaruhi metode pembiasaan ialah keluarga, lingkungan, stimulus dan motivasi, teknologi, usia emas anak, serta ganjaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembiasaan merupakan metode yang tepat dalam menanamkan akhlak pada anak usia dini, selama metode tersebut disesuaikan dengan perkembangan anak, dan faktor yang memengaruhi bisa dimanfaatkan dengan baik. Kata kunci: metode pembiasaan, akhlak, anak usia dini, kesopanan, kejujuran ***** This study aims to describe the implementation of the habituation method in instilling akhlaqul karimah (noble character) in early childhood, particularly in the aspects of politeness and honesty, using Al-Ghazali’s theory. It also seeks to analyze the factors that influence the effectiveness of the habituation method. This research employs a descriptive qualitative approach. The subjects of this study are the teacher and students of class B1 at RA Bhakti Pertiwi Kranji. Data collection techniques include interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of the habituation method in instilling politeness and honesty is carried out with hadiths and stories, examples in the daily lives of teachers, habituation in real situations, providing motivation, giving reprimands and appreciation, and evaluation as a follow-up. Meanwhile, factors that influence the habituation method are family, environment, stimulus and motivation, technology, the child's golden age, and rewards. This study concludes that the habituation method is an appropriate method in instilling morals in early childhood, as long as the method is adapted to the child's development, and the influencing factors can be utilized well. Keywords: habituation method, moral character, early childhood, politeness, honesty
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Firdaus Wajdi, M.A., Ph.D. 2). Dr. Amaliyah, M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zalfa Aulia Zahrani . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 05:58 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 05:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |