PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN TATA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMENTAL PADA SISWA PUTRI KELAS 9 SMPIT MUSLIMAH SEJATI, BEKASI, JAWA BARAT)

DWI PUSPITA SARI, . (2025) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN TATA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMENTAL PADA SISWA PUTRI KELAS 9 SMPIT MUSLIMAH SEJATI, BEKASI, JAWA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dwi Puspita Sari. Pengaruh Metode Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Tata Bahasa Arab (Penelitian Eksperimental pada Siswa Putri Kelas 3 SMP Terpadu "Muslimah Sejati", Bekasi, Jawa Barat). Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan gramatika Bahasa Arab siswa kelas IX SMPIT Muslimah Sejati. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa pembelajaran gramatika sering dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian siswa, sehingga diperlukan pendekatan yang mampu melibatkan mereka secara aktif dalam proses berpikir dan pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain one-shot case study, yaitu hanya menggunakan satu kelompok tanpa pretest maupun kelompok kontrol. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas IX. Data dikumpulkan melalui posttest dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa adalah 88,6, dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 76,66%, yang berarti melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 75. Selain itu, siswa juga menunjukkan keaktifan yang tinggi dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode Problem Solving efektif digunakan dalam pembelajaran gramatika Bahasa Arab. Meskipun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan karena tidak menggunakan pretest dan kelompok kontrol, sehingga hasilnya hanya dapat dijadikan sebagai gambaran deskriptif awal. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam penerapan metode pembelajaran aktif dan menjadi dasar bagi penelitian lanjutan yang lebih mendalam. Kata Kunci: Problem Solving, Gramatika Bahasa Arab, One-Shot Case Study. ***** Dwi Puspita Sari. The Influence of the Problem Solving Method on Arabic Grammar Skills (An Experimental Study on Female Students of Grade 9 at SMP Terpadu “Muslimah Sejati”, Bekasi, West Java). Department of Arabic Language Education. Faculty of Language and Arts. Universitas Negeri Jakarta, 2025. This study aims to determine the effectiveness of using the Problem Solving method in improving students' Arabic grammar skills in Grade 9 at SMPIT Muslimah Sejati. The background of this research is based on the fact that grammar learning is often considered difficult and tedious by many students, thus requiring an approach that actively involves them in thinking and comprehension processes. This research used a quasi-experimental design with a one-shot case study model, which involved only one group without pretest or control group. The subjects consisted of 30 Grade 9 students. Data were collected through a posttest and observation of students’ learning activities. The results showed that the average posttest score was 88.6, with a classical mastery level of 76.66%, which exceeds the school’s Minimum Completeness Criteria (KKM) of 75. In addition, students showed a high level of engagement during the learning process based on the observation results. These findings indicate that the Problem Solving method is effective in teaching Arabic grammar. However, this study has limitations as it did not employ a pretest or control group, thus the results serve as initial descriptive evidence. It is hoped that this study can serve as a reference for implementing active learning methods and as a basis for further, more in-depth research. Keywords: Problem Solving, Arabic Grammar, One-Shot Case Study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Andri Ilham, S.S., M.A.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 30116 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:19
Last Modified: 19 Aug 2025 08:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61648

Actions (login required)

View Item View Item