PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SDN MENTENG ATAS 21 PAGI

NUR FADHILAH, . (2025) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SDN MENTENG ATAS 21 PAGI. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Menteng Atas 21 Pagi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 peserta didik. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Data hasil kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siklus I mencapai 67% ketuntasan dan pada siklus II telah memenuhi kriteria ketercapaian yang ditetapkan dengan kemampuan berpikir kreatif mencapai 89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN Menteng Atas 21 Pagi sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. ***** This classroom action research aims to improve creative thinking skills in Pancasila Education subjects by using the Project Based Learning learning model. This classroom action research was conducted at SDN Menteng Atas 21 Pagi. The subjects of this study were 27 fourth grade students. The classroom action research model used in this study was the Kemmis and Mc. Taggart model. The data on creative thinking skills in Pancasila Education learning in cycle I reached 67% completion and in cycle II it met the achievement criteria set with creative thinking skills reaching 89%. The conclusion of this study is that the application of the Project Based Learning learning model in Pancasila Education learning can improve the creative thinking skills of fourth grade students at SDN Menteng Atas 21 Pagi so that teachers can use the Project Based Learning learning model as an alternative to improve creative thinking skills in Pancasila Education learning. Keywords: Creative Thinking Skills, Pancasila Education, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Fadhilah .
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:03
Last Modified: 20 Aug 2025 01:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61677

Actions (login required)

View Item View Item