PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE, INOVASI PRODUK, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN BISNIS

MUHAMMAD FARHAN ARIQ PRAMANDA, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE, INOVASI PRODUK, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN BISNIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kecerdasan buatan, inovasi produk, dan pemasaran media sosial memengaruhi kinerja bisnis melalui pengambilan keputusan di perusahaan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel ini terhadap hasil bisnis, khususnya di kalangan bisnis digital di Jabodetabek, untuk memberikan wawasan strategis guna meningkatkan daya saing dan kinerja.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari para pemilik bisnis digital di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM) dan diolah menggunakan aplikasi SPSS untuk menganalisis pengaruh kecerdasan buatan, inovasi produk, dan pemasaran media sosial terhadap kinerja bisnis melalui pengambilan keputusan bisnis.Studi ini menemukan bahwa kecerdasan buatan, inovasi produk, dan pemasaran media sosial secara signifikan memengaruhi keputusan dan kinerja bisnis. Keputusan bisnis juga memediasi pengaruh ini, sehingga meningkatkan hasil keseluruhan. Di antara ketiganya, pemasaran media sosial menunjukkan dampak langsung paling kuat terhadap kinerja bisnis, yang menyoroti peran vitalnya dalam kesuksesan bisnis digital di Jabodetabek.Studi ini menyimpulkan bahwa AI, inovasi produk, dan pemasaran media sosial berdampak positif pada keputusan dan kinerja bisnis. Bisnis harus mengadopsi AI secara strategis, berinovasi secara berkelanjutan, dan mengoptimalkan penggunaan media sosial agar tetap kompetitif. Bisnis digital disarankan untuk menyelaraskan elemen-elemen ini dengan proses pengambilan keputusan guna meningkatkan efisiensi, keterlibatan pelanggan, dan kinerja jangka panjang. ***** This study explores how artificial intelligence, product innovation, and social media marketing influence business performance through decision-making in digital companies. This study aims to analyze the direct and indirect influence of these variables on business outcomes, particularly among digital businesses in Greater Jakarta (Jabodetabek), to provide strategic insights to improve competitiveness and performance. This study uses a quantitative approach with descriptive methods. Data were collected through questionnaires from digital business owners in Greater Jakarta (Jabodetabek). This study uses structural equation modeling (SEM) and is processed using SPSS applications to analyze the influence of artificial intelligence, product innovation, and social media marketing on business performance through business decision-making. This study found that artificial intelligence, product innovation, and social media marketing significantly influence business decisions and performance. Business decisions also mediate this influence, thereby improving overall results. Among the three, social media marketing shows the strongest impact on business performance, highlighting its vital role in the success of digital businesses in Greater Jakarta (Jabodetabek). This study concludes that AI, product innovation, and social media marketing have a positive impact on business decisions and performance. Businesses must strategically adopt AI, continuously innovate, and optimize the use of social media to remain competitive. Digital businesses are advised to align these elements with their decision-making processes to improve efficiency, customer engagement, and long-term performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, M.Bus.Sys. ; 2). Adnan Kasofi, S.Pd., M.B.A.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Muhammad Farhan Ariq Pramanda .
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:07
Last Modified: 21 Aug 2025 07:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61753

Actions (login required)

View Item View Item