MAYA PRAMAISELLA, . (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA SMK PANJATEK BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Efikasi Diri (X) dan Dukungan Sosial (X2) dengan Penyesuaian Diri (Y) pada siswa SMK Panjatek Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Panjatek Bekasi yang berjumlah 366 siswa. Berdasarkan tabel Isaac & Michael maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 177 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu purposive sampling. Untuk pengolahan data, peneliti menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kemudian data diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27.0. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Teknik analisis data mencakup uji asumsi klasik (normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t, uji F), dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (Kolmogorov-Smirnov Sig. > 0,05). Uji linearitas menyatakan hubungan antar variabel adalah linear. Uji multikolinearitas menunjukkan VIF < 10 dan Tolerance > 0,1, menandakan tidak terjadi multikolinearitas. Uji heteroskedastisitas menunjukkan penyebaran residual yang acak (Sig. > 0,05), artinya data bebas heteroskedastisitas. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan pengaruh simultan signifikan dari efikasi diri dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri (Sig. F < 0,05). Uji t menyatakan keduanya berpengaruh secara parsial (Sig. < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,181 menunjukkan bahwa 18,1% variabilitas penyesuaian diri dapat dijelaskan oleh dua variabel bebas tersebut. ****** This study aims to determine the influence of Self-Efficacy (X) and Social Support (X2) on Self-Adjustment (Y) among students at SMK Panjatek Bekasi. This study uses a quantitative method. The data collection method used in this study is a survey. The population of this study consists of all 366 students in grade X at SMK Panjatek Bekasi. Based on the table by Isaac & Michael, the sample size for this study is 177 students. The sampling technique used in this study is non-probability sampling. The method used to determine the sample is purposive sampling. For data processing, the researcher used a questionnaire with a Likert scale. The data was then processed using SPSS software version 27.0. The data analysis techniques used were: data analysis techniques included classical assumption tests (normality, linearity, multicollinearity, heteroscedasticity), multiple linear regression, hypothesis testing (t-test, F-test), and coefficient of determination testing (R²). The normality test results showed that the data were normally distributed (Kolmogorov-Smirnov Sig. > 0.05). The linearity test indicates that the relationship between variables is linear. The multicollinearity test shows VIF < 10 and Tolerance > 0.1, indicating no multicollinearity. The heteroscedasticity test shows random residual dispersion (Sig. > 0.05), meaning the data is free from heteroscedasticity. The results of the multiple linear regression test indicate a significant simultaneous effect of self-efficacy and social support on self-adjustment (Sig. F < 0.05). The t-test indicates that both have a partial effect (Sig. < 0.05). The coefficient of determination (R²) value of 0.181 indicates that 18.1% of the variability in self-adjustment can be explained by these two independent variables.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si. ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Maya Pramaisella . |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:30 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |