INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM KEPANGKATAN DOSEN PADA LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH III

SYAHNADHEA ZAHRA, . (2025) INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM KEPANGKATAN DOSEN PADA LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH III. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi pelayanan publik dalam proses kepangkatan dosen yang dikembangkan oleh LLDIKTI Wilayah III melalui sistem EL-KITE (Elektronik Kepangkatan Individu Terintegrasi). Latar belakang penelitian berangkat dari berbagai kendala dalam proses kepangkatan sebelumnya, seperti rumitnya administrasi, ketergantungan pada dokumen manual, serta rendahnya transparansi dan efisiensi layanan. Untuk menjawab tantangan tersebut, LLDIKTI Wilayah III mengembangkan EL-KITE sebagai inovasi digital berbasis paperless, online, dan real-time tracking. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari tim pengembang, ketua program, admin sistem, dan pengguna. Fokus kajian mencakup produk inovasi, proses perencanaan, implementasi, serta faktor pendukung dan penghambat inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EL- KITE merupakan inovasi signifikan yang mengintegrasikan data dari PDDikti dan SISTER, dilengkapi fitur kecerdasan buatan (AI), tanda tangan elektronik (TTE), serta dasbor pemantauan status. Perencanaan inovasi dilakukan secara sistematis dan kolaboratif, sedangkan implementasinya berlangsung cukup efektif berkat kesiapan SDM, pelatihan intensif, serta dukungan teknologi. Keberhasilan EL- KITE ditunjang oleh kepemimpinan transformatif, sinergi internal, dan komitmen terhadap pelayanan prima. Di sisi lain, hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan literasi digital, perubahan regulasi yang dinamis, serta gangguan teknis pada sistem. Implikasi penelitian menekankan pentingnya transformasi digital dalam pelayanan publik pendidikan tinggi serta perlunya keberlanjutan pengembangan sistem. Penelitian ini juga merekomendasikan agar instansi pemerintah lainnya mengadopsi pendekatan inovatif yang adaptif, partisipatif, dan berpusat pada kebutuhan pengguna ********** This research aims to describe and analyze public service innovations in the faculty promotion process developed by LLDIKTI Wilayah III through the EL-KITE (Integrated Electronic Individual Promotion) system. The research background stems from various challenges in the previous promotion process, such as complex administration, reliance on manual documents, and low transparency and efficiency of services. To address these challenges, LLDIKTI Region III developed EL-KITE as a digital innovation based on paperless, online, and real-time tracking. The study employed a descriptive qualitative approach with data collection techniques including in-depth interviews, observations, and document analysis. Informants included the development team, program chairs, system administrators, and users. The study focused on the form of innovation, planning process, implementation, as well as supporting and hindering factors of innovation. The research findings indicate that EL-KITE is a significant innovation that integrates data from PDDikti and SISTER, equipped with artificial intelligence (AI) features, electronic signatures (TTE), and a monitoring dashboard. Innovation planning was carried out systematically and collaboratively, while implementation was quite effective thanks to the readiness of human resources, intensive training, and technological support. The success of EL-KITE was supported by transformative leadership, internal synergy, and a commitment to excellent service. On the other hand, the obstacles faced included limitations in digital literacy, dynamic regulatory changes, and technical disruptions to the system. The research implications emphasize the importance of digital transformation in higher education public services and the need for sustained system development. This study also recommends that other government agencies adopt an innovative approach that is adaptive, participatory, and user-centered.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag., M.Pd. ; 2). Dr. Evitha Soraya, M.Pd.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Syahnadhea Zahra .
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:50
Last Modified: 21 Aug 2025 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61793

Actions (login required)

View Item View Item