DWI AISYAH AMANI, . (2025) PENGARUH KOMTAL (KOMUNIKASI TOTAL) TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BENDA PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN MAJEMUK (Single Subject Research di Kelas V SLB Negeri 9 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (19)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komtal (komunikasi total) terhadap kemampuan kosakata benda pada peserta didik hambatan majemuk. Subjek penelitian ini adalah seorang peserta didik hambatan majemuk di kelas V SLB Negeri 9 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research dengan pendekatan kuantitatif dan desain A (baseline A1) - B (intervensi) - A (baseline A2) yang menunjukkan hubungan sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui eksperimen dengan memberikan tindakan atau intervensi secara berulang hingga data menjadi stabil. Data dianalisis menggunakan grafik dan narasi deskriptif untuk menggambarkan perubahan kemampuan subjek. Kemampuan kosakata benda yang diteliti meliputi kemampuan membaca ujaran, memahami isyarat, mengucapkan, dan mengisyaratkan kosakata benda. Lima kosakata benda yang dipilih adalah tas, dasi, buku, topi, dan baju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komtal berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan memahami isyarat dan mengisyaratkan kosakata benda tas, dasi, buku, topi, dan baju yang dibuktikan subjek mampu merespon dengan tepat pada kedua kemampuan tersebut setelah diberikan intervensi. Namun, komtal tidak berpengaruh terhadap kemampuan membaca ujaran dan mengucapkan kosakata benda tas, dasi, buku, topi, dan baju, yang dibuktikan kemampuan subjek tetap stabil tidak mengalami peningkatan maupun penurunan dalam komunikasi verbal setelah diberikan intervensi. Hal ini terjadi karena subjek mengalami hambatan intelektual dan hambatan pendengaran. Penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi non-verbal melalui isyarat merupakan bentuk komunikasi yang valid dan efektif bagi peserta didik hambatan majemuk. Komtal dapat menjadi alternatif pendekatan komunikasi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik hambatan majemuk. ***** This research aims to investigate the effect of total communication (komtal) on object vocabulary abilities among students with multiple disabilities. The research subject was a student with multiple disabilities in grade V at SLB Negeri 9 Jakarta. This research employed a Single Subject Research method with a quantitative approach and an A (baseline A1) - B (intervention) - A (baseline A2) design, which demonstrates a causal relationship between independent and dependent variables. Data collection was conducted through experimentation by providing repeated actions or interventions until the data became stable. Data were analyzed using graphs and descriptive narratives to illustrate changes in the subject's abilities. The object vocabulary abilities examined included lip reading, understanding gestures, verbal articulation, and gestural communication of object vocabulary. Five selected object vocabularies were bag, tie, book, hat, and shirt. The results indicate that total communication effectively improved the subject's ability to understand gestures and communicate object vocabularies of bag, tie, book, hat, and shirt, as evidenced by the subject's accurate responses in both abilities following the intervention. However, total communication did not affect the subject's lip reading and verbal articulation abilities for the object vocabularies of bag, tie, book, hat, and shirt, as demonstrated by the subject's stable performance with no improvement or decline in verbal communication after the intervention. This occurred because the subject experienced intellectual disabilities and hearing impairment. This research demonstrates that non-verbal communication through gestures constitutes a valid and effective form of communication for students with multiple disabilities. Total communication can serve as an alternative communication approach that aligns with the abilities and needs of students with multiple disabilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Dwi Aisyah Amani . |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:46 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |