PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN POLA ASUH PERMISSIVE TERHADAP KECENDERUNGAN INTERNET ADDICTION

RAYMOND FRANS DEONISIUS, . (2020) PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN POLA ASUH PERMISSIVE TERHADAP KECENDERUNGAN INTERNET ADDICTION. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan pola asuh permisif terhadap kecenderungan internet addiction . Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri se-Kecamatan Menteng Jakarta Pusat yang berjumlah 331 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian regresi berganda untuk mengevaluasi data. Uji hipotesis pertama penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh bernilai negatif dari variabel digital literacy terhadap kecenderungan internet addiction yaitu sebesar -0,303 yang bermakna bahwa peningkatan kemampuan digital literacy siswa dapat menurunkan kecenderungan internet addiction. Uji Hipotesis kedua menunjukkan bahwa pola asuh permisif memberikan pengaruh positif signifikan sebesar 0.017 (1.7%) terhadap kecenderungan internet addiction. Hasil tersebut bermakna bahwa semakin tinggi tingkat kepermisifan orangtua terhadap anak, maka akan meningkatkan kecenderungan internet addiction. Uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa digital literacy dan pola asuh permisif secara simultan memberikan pengaruh sebesar 7.4% terhadap kecenderungan internet addcition. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa literasi digital berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecanduan internet dan berbeda dari hasil penelitian sebelumnya yang mengatakan literasi digital muncul secara positif sebagai prediktor gejala kecanduan internet serta dapat mengakibatkan depresi Kata kunci : digital literacy, pola asuh permisif, internet addiction, siswa SMP The purpose of this study was to investigate the effect of digital literacy and permissive parenting style to internet addiction. For this purposed, I conducted a survey from 331 sample of middle school students at Menteng sub-district, Central Jakarta. This study was used a multiple regression equation model to evaluate data. The result showed that digital literacy negatively affected internet addiction which means that increasing the ability of digital literacy can reduce internet addiction. Second result of this study showed that permissive parenting style positively significant affected internet addiction. Another result of this study showed that digital literacy and permissive parenting style simultaneously had a positive siginificant effect of 7.4% to internet addiction. The results of this study showed that digital literacy had a negatively effect on internet addiction and was different from the results of previously studies that said digital literacy appears positively as a predictor of internet addiction symptoms and can effected to depression Keyword : digital literacy, permissive parenting style, internet addiction, middle school

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M.Si ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Raymond Frans Deonisius .
Date Deposited: 13 Apr 2020 17:37
Last Modified: 13 Apr 2020 17:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item