SALSA KHUMAIROH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA APLIKASI ANDROID QURAN TEACHER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (801kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Al‑Qur’an diturunkan oleh Allah SWT sebagai petunjuk hidup, memberi kabar gembira bagi orang beriman, dan menjadi sumber ilmu serta pedoman moral. Oleh karena itu, setiap Muslim wajib belajar, mengajarkan, dan mengamalkan Al‑Qur’an. Kemampuan baca‑tulis Al‑Qur’an (BTQ), termasuk penguasaan tajwid, makhraj, dan penulisan huruf hijaiyah, merupakan keterampilan dasar yang esensial karena kesalahan dapat merubah makna. Di tingkat SMP, kompetensi BTQ adalah bagian dari pembentukan karakter religius sesuai Kurikulum Merdeka dan profil pelajar Pancasila. Namun, masih banyak kendala seperti kurangnya media pembelajaran interaktif dan keterbatasan guru terlatih. Media pembelajaran yang inovatif dapat membangkitkan motivasi dan meningkatkan efektivitas belajar. Perkembangan teknologi digital membuka peluang besar bagi pendidikan agama, khususnya melalui aplikasi seperti Quran Teacher yang menyediakan fitur interaktif seperti pengenalan huruf hijaiyah, tajwid, dan latihan membaca mandiri. Namun infrastruktur yang memadai dan ketersediaan guru yang mampu memanfaatkan teknologi masih menjadi tantangan. Penelitian pendahuluan di SMP Negeri 26 Jakarta menemukan bahwa media cetak konvensional masih dominan sehingga siswa kurang termotivasi, sementara media berbasis multimedia membuat pembelajaran lebih menarik. Oleh karena itu, penelitian ini dikembangkan untuk menguji efektivitas aplikasi “Quran Teacher” yang dirancang berbasis nilai keislaman dan pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan BTQ siswa. Harapannya, inovasi ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Al‑Qur’an, motivasi siswa, dan pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam menghasilkan insan yang beriman, cerdas, dan siap teknologi. ***** The Quran was revealed by Allah SWT as a guide to life, bringing good news to believers, and serving as a source of knowledge and moral guidance. Therefore, every Muslim is obligated to study, teach, and practice the Quran. The ability to read and write the Quran (BTQ), including mastery of Tajweed, Makhraj, and the writing of the Hijaiyah letters, is an essential basic skill because errors can change the meaning. At the junior high school level, BTQ competency is part of the formation of religious character in accordance with the Independent Curriculum and the Pancasila student profile. However, many obstacles remain, such as the lack of interactive learning media and the limited number of trained teachers. Innovative learning media can stimulate motivation and increase learning effectiveness. The development of digital technology opens up significant opportunities for religious education, particularly through applications like Quran Teacher, which provides interactive features such as hijaiyah letter recognition, Tajweed, and independent reading practice. However, adequate infrastructure and the availability of teachers capable of utilizing technology remain challenges. Preliminary research at SMP Negeri 26 Jakarta found that conventional print media still dominates, resulting in a lack of student motivation, while multimedia-based media makes learning more engaging. Therefore, this study was developed to test the effectiveness of the "Quran Teacher" application, designed based on Islamic values and a scientific approach, in improving students' BTQ skills. It is hoped that this innovation will improve the quality of Quran learning, student motivation, and the achievement of national education goals of producing faithful, intelligent, and technology-ready individuals.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Rihlah Nur Aulia, M.A. ; 2). Dr. Amaliyah, M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | salsa khumairoh . |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:06 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 01:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |