MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN ALAT PERAGA BLOCK DIENES PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VII SLB NEGERI 7 JAKARTA

SAHNA MALA DENARA, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN ALAT PERAGA BLOCK DIENES PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VII SLB NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII hambatan intelektual melalui penerapan metode pembelajaran active learning yaitu snowball throwing dengan alat peraga block dienes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dengan beberapa tahapan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahapan tersebut dilakukan dalam 2 siklus. Siklus pertama dan kedua terdiri atas 5 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar matematika pengurangan dua angka dengan hasil maksimal 25. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal siswa adalah 51. Setelah diberi tindakan siklus I meningkat menjadi 64 dan di akhir siklus II meningkat menjadi 79. Dengan demikian, penerapan metode snowball throwing dan alat peraga block dienes efektif meningkatkan kemampuan dan hasil belajar matematika siswa dengan hambatan intelektual. ***** The research aims to improve the mathematics learning outcomes for grade VII students with mild intellectual disabilities through the application of active learning methods, namely snowball throwing with dienes block teaching aids. This study uses a classroom action research method with Kemmis and Mc Taggart research method. The study was carried out in several stages, consisting of planning, action, observation, and reflection. The stages are carried out in 2 cycles. The first and second cycles consist of 5 meetings. Data collection techniques are carried out through tests and observations. The analysis was carried out using qualitative and quantitative data analysis. The results showed that students experienced an increase in the mathematics learning outcomes of subtracing two numbers with a maximum result of 25. The results showed that tudents initial abilities were 51. After being given cycle I action, increased to 64 and at the end of cycle II increased to 79. Thus, the application of the snowball throwing method and dienes block teaching aids effectively improves the abilities and mathematics learning outcomes of students with intellectual disabilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed. ; 2). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Sahna Mala Denara
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:21
Last Modified: 22 Aug 2025 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61930

Actions (login required)

View Item View Item