ANA NABILA MAHARANI, . (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PERMEN (PERJALANAN MENYENANGKAN) UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (862kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
Lampiran (23)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan alat permainan PERMEN (Perjalanan Menyenangkan) untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar anak usia dini merupakan tujuan dari studi ini, penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and evaluation) ditunjukan untuk menghasilkan sebuah produk yang menekankan setiap komponen saling terkoordinasi sesuai dengan lima tahap model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini menggunakan pengukuran data berdasarkan instrumen kuesioner untuk review ahli serta instrumen evaluasi untuk guru. Validasi ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, pendidik, dan uji coba pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli materi memperoleh nilai akhir 93% dan hasil evaluasi ahli media memperoleh nilai akhir 86%. Adapun hasil perhitungan yang diperoleh dari tahap uji coba I dan II pada 11 anak usia 5-6 tahun, yang dilakukan oleh guru I dan Ii dan dinilai oleh peneliti berdasarkan uji coba I dan II menghasilkan nilai akhir sejumlah 86% dan 94%. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan, menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk pengembangan alat permainan PERMEN (Perjalanan Menyenangkan) tergolong dalam kriteria sangat layak untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar anak usia dini. ***** This study aims to develop the educational game tool PERMEN (Perjalanan Menyenangkan) to stimulate gross motor skills in early childhood. The research method used is Research and Development with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), aiming to produce a product in which each component is coordinated according to the five ADDIE stages. Data were collected using questionnaire instruments for expert reviews and evaluation instruments for teachers. Validation was conducted by material experts, media experts, educators, and trials involving children aged 5–6 years. The evaluation results from the material expert reached a final score of 93%, while the media expert's evaluation reached 86%. Trials I and II involving 11 children aged 5–6 years, evaluated by Teacher I and Teacher II and assessed by the researcher, resulted in final scores of 86% and 94%, respectively. Based on these findings, the PERMEN educational game tool is classified as highly feasible to stimulate gross motor skills in early childhood.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Pd; 2). Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Ana Nabila Maharani . |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 05:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 05:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |