MENINGKATKAN PERILAKU ON-TASK MENGGUNAKAN WORK SYSTEM PADA SISWA DENGAN AUTISME DI SLB PELITA HATI

ERYKA ZALFALIA, . (2025) MENINGKATKAN PERILAKU ON-TASK MENGGUNAKAN WORK SYSTEM PADA SISWA DENGAN AUTISME DI SLB PELITA HATI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku on-task menggunakan work system pada siswa dengan autisme di SLB Pelita Hati. Penelitian ini menggunakan metode subjek tunggal dengan desain A-B-A, serta teknik pengumpulan data berupa observasi dan pencatatan durasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan enam langkah analisis visual dalam kondisi, yaitu analisis panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data, level stabilitas dan rentang, serta level perubahan. Indikator perilaku on-task yang diukur meliputi: (1) mengerjakan tugas yang diberikan dan (2) mata memandang pada tugas yang sedang dikerjakan. Pada kondisi baseline pertama (A1), durasi perilaku on-task siswa berada dalam rentang 324 – 339 detik. Pada kondisi intervensi (B), durasi perilaku on-task siswa meningkat hingga 474 detik pada indikator pertama dan 470 detik pada indikator kedua. Pada kondisi baseline kedua (A2), siswa mampu mempertahankan perilaku on-task dalam rentang 453 – 465 detik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan work system efektif dalam meningkatkan perilaku on-task pada siswa dengan autisme di SLB Pelita Hati dan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas sebagai bentuk pengaturan lingkungan belajar yang terstruktur. ***** This study aims to improve on-task behavior by using a work system in students with autism at SLB Pelita Hati. This study used a single-subject design with an A-B-A design, while data collection techniques included observation and duration recording. The collected data were analyzed through six steps of visual analysis within conditions, which are condition length analysis, directional trend estimation, stability trend, data trace, stability level and range, and level of change. The on-task behavior indicators measured included (1) completing the assigned task; and (2) eyes focused on the task being worked on. During the first baseline phase (A1), the duration of the student's on-task behavior ranged from 324 to 339 seconds. In the intervention phase (B), the duration of on-task behavior increased to 474 seconds for the first indicator and 470 seconds for the second indicator. In the second baseline phase (A2), the student was able to maintain on-task behavior within the range of 453 to 465 seconds. The results of this study indicate that the use of a work system is effective in increasing on-task behavior in students with autism at SLB Pelita Hati and can be implemented in classroom as an environmental arrangement strategy to support structured learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M.Ed., Ed.D; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Eryka Zalfalia .
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:03
Last Modified: 25 Aug 2025 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62047

Actions (login required)

View Item View Item