ARIFAH KHAIRUNISA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk kelas III Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif berbasis teknologi, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang sarat nilai dan cenderung disampaikan secara konvensional. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk media yang dikembangkan memadukan teks, gambar, animasi, audio, dan aktivitas interaktif yang mendukung keterlibatan aktif peserta didik. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif memperoleh skor 84% dari ahli materi, 95% dari ahli media, dan 86% dari ahli bahasa. Rata-rata keseluruhan hasil validasi adalah 88% yang termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif dapat menjadi solusi dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, produk pengembangan media berbasis multimedia interaktif dapat berpotensi menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, mudah diakses, serta sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era digital yang terus berkembang. ***** This study aims to develop an interactive multimedia-based learning media for Pancasila Education in the third grade of elementary school. The background of this research stems from the limited use of innovative technology-based learning media, particularly in teaching Pancasila Education, which is value-laden and often delivered conventionally. The method used in this study is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The developed learning media integrates text, images, animations, audio, and interactive activities to support active student engagement. Validation was carried out by subject matter experts, media experts, and language experts. The validation results showed that the interactive multimedia-based learning media obtained a score of 84% from the subject matter expert, 95% from the media expert, and 86% from the language expert. The overall average validation result was 88%, which falls into the valid category and is feasible for use in learning. This study demonstrates that interactive multimedia can be a solution in creating meaningful, contextual learning aligned with the characteristics of the Merdeka Curriculum. Thus, the interactive multimedia-based learning media developed has the potential to become one of the innovative, engaging, easily accessible learning media alternatives that meet the needs of students in today’s ever-evolving digital era.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Linda Zakiah, S.Pd., M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Arifah Khairunisa . |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:12 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 06:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |