PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V-B SDN MAMPANG PRAPATAN 02 PAGI

ALIFIA FITRI ROSADI, . (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V-B SDN MAMPANG PRAPATAN 02 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas V-B SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart yang diawali dengan tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi, serta catatan lapangan. Hasil belajar yang didapatkan dari hasil tes evaluasi pada siklus I memperoleh rata-rata 68 dengan persentase sebesar 63% atau sebanyak 19 peserta didik dari 30 yang berhasil mencapai skor ≥70. Hasil tersebut belum mencapai target yang ditentukan. Pada siklus II, hasil belajar yang diperoleh mencapai rata-rata 80 dengan persentase sebesar 87% atau sebanyak 26 peserta didik dari 30 peserta didik yang mencapai nilai ≥70 dan telah mencapai target yang telah ditentukan. Penelitian ini menungjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia pada peserta didik kelas V-B SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. ***** This research aims to improve science learning outcomes on the topic of the human circulatory system through the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model among fifth-grade students of class V-B at SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR), based on the Kemmis and McTaggart model, which consists of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. Data collection techniques included tests, observations, documentation, and field notes. The learning outcomes obtained from the evaluation test in Cycle I showed an average score of 68, with 63% of students or as many as 19 students out of 30 students achieving a score of ≥70. These results did not meet the predetermined target. In Cycle II, the average score increased to 80, with 87% of students or as many as 26 students out of 30 students achieving a score of ≥70, successfully reaching the targeted outcome. This research demonstrates that the Problem-Based Learning (PBL) model can improve science learning outcomes on the topic of the human circulatory system among fifth-grade students of class V-B at SDN Mampang Prapatan 02 Pagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Waluyo Hadi, M.Pd. ; 2). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Alifia Fitri Rosadi .
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:03
Last Modified: 28 Aug 2025 01:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62159

Actions (login required)

View Item View Item