MUHAMMAD DANDY PRASETYO, . (2025) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP DIGITAL CITIZENSHIP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (879kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap digital citizenship siswa SMA Negeri di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Digital citizenship merupakan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi secara bijak, bertanggung jawab, dan etis. Lingkungan sekolah sebagai tempat siswa menghabiskan sebagian besar waktunya diyakini memiliki peran penting dalam membentuk karakter digital siswa, baik melalui sarana dan prasarana, metode pembelajaran, maupun budaya digital yang dibangun sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian berjumlah 609 siswa dari dua sekolah, yaitu SMAN 21 Jakarta dan SMAN 36 Jakarta. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh 242 responden. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap digital citizenship siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas lingkungan sekolah, maka semakin tinggi tingkat digital citizenship siswa. Dengan demikian, pihak sekolah perlu terus mengembangkan lingkungan yang mendukung praktik digital yang positif melalui penguatan infrastruktur, peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi, serta penanaman nilai-nilai etika digital kepada siswa secara berkelanjutan. **** This study aims to determine the influence of the school environment on students’ digital citizenship in public senior high schools (SMA Negeri) in the Pulogadung subdistrict, East Jakarta. Digital citizenship refers to students’ ability to use technology wisely, responsibly, and ethically. As the place where students spend most of their time, the school environment is believed to play a vital role in shaping students’ digital behavior through infrastructure, learning methods, and the digital culture fostered within the school. This research employed a quantitative approach using a survey method. The population consisted of 609 students from two schools: SMAN 21 Jakarta and SMAN 36 Jakarta. A sample of 242 students was selected using the Slovin formula with a 5% margin of error. The research instrument was a closed-ended questionnaire, which had been tested for validity and reliability. Data were analyzed using simple linear regression. The results indicate a positive and significant influence of the school environment on students’ digital citizenship. This finding suggests that a better-quality school environment leads to higher levels of digital citizenship among students. Therefore, schools are encouraged to continuously enhance an environment that supports positive digital practices by strengthening infrastructure, improving teachers’ digital competencies, and instilling ethical digital values in students on an ongoing basis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd. ; 2). Dimas Kurnia Robby, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Muhammad Dandy Prasetyo . |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:23 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |