DWI ANGGRAENI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN VOCABULARY BIG BOOK TERHADAP PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (PENELITIAN EKSPERIMEN TK AL-MUSLIM KECAMATAN TAMBUN SELATAN, KABUPATEN BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (858kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan vocabulary big book terhadap pemerolehan kosakata Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al-Muslim Kecamatan Tambun dengan jumlah responden sebanyak 44 anak dengan pembagian 22 anak pada kelompok eksperimen dan 22 anak pada kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain post-test only control design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan atau treatment, observasi dan post-test pada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil post-test pada kelompok eksperimen memiliki skor tertinggi 100, skor terendah 53, dan skor rata-rata 86,55. Sementara hasil post-test pada kelompok kontrol memiliki skor tertinggi 84, skor terendah 30, dan skor rata-rata 58. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan nilai sig untuk pengaruh penggunaan vocabulary big book terhadap pemerolehan kosakata Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan mendapatkan hasil nilai thitung 13,494 > 2,085 ttabel. Hal ini menyatakan bahwa penggunaan vocabulary big book mempengaruhi pemerolehan kosakata anak usia 5-6 tahun, sehingga pengambilan keputusan uji-t ini H0 (hipotesis nol) yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh dari penggunaan vocabulary big book terhadap pemerolehan kosakata anak usia 5-6 tahun ditolak. Sedangkan H1 (hipotesis alternatif) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan vocabulary big book terhadap pemerolehan kosakata anak usia 5-6 tahun diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan vocabulary big book pada kegiatan pembelajaran berpengaruh terhadap pemerolehan kosakata Bahsa Inggris anak usia 5-6 tahun. ***** This experimental study aims to determine the effect of using vocabulary big book media on English vocabulary acquisition in children aged 5-6 years. The sample in this study were children in group B of Al-Muslim Kindergarten, Tambun District with a total of 44 respondents divided into 22 children in the experimental group and 22 children in the control group. Sampling using simple random sampling technique. The method used is the experimental method, with a post-test only control design. Data collection in this study was carried out by providing treatment, observation and post-test to both groups, namely the experimental group and the control group. From the results of the post-test in the experimental group, the highest score was 100, the lowest score was 53, and the average score was 86.55. Meanwhile, the post-test results in the control group obtained the highest score of 84, the lowest score of 30, and an average score of 58. The data were then analyzed using a t-test with a sig value of the effect of the use of vocabulary big books on the acquisition of English vocabulary for children aged 5-6 years of 0.000 <0.05 and a calculated t value of 13.494> t table 2.085. This states that the use of vocabulary big books has an effect on the acquisition of vocabulary for children aged 5-6 years, so the decision making for this t-test H0 (null hypothesis) which states that there is no effect of the use of vocabulary big books on the acquisition of vocabulary for children aged 5-6 years is rejected. While H1 (alternative hypothesis) which states that there is an effect of the use of vocabulary big books on the acquisition of vocabulary for children aged 5-6 years is accepted. The results of the study indicate that the use of vocabulary big books in learning activities has an effect on the acquisition of English vocabulary for children aged 5-6 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd.,M.Si ; 2). Ade Dwi Utami, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Dwi Anggraeni . |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |