PERSEPSI GURU DALAM MENGGUNAKAN SIBI DAN BISINDO DI SEKOLAH LUAR BIASA

INTAN MAULIDIA KHOERIYAH, . (2025) PERSEPSI GURU DALAM MENGGUNAKAN SIBI DAN BISINDO DI SEKOLAH LUAR BIASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dalam menggunakan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) sebagai komunikasi dalam pembelajaran siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri wilayah Jakarta Utara. Latar belakang penelitian ini berangkat dari adanya dua isyarat yang digunakan di Indonesia, di mana SIBI merupakan sistem formal berbasis struktur Bahasa Indonesia, sedangkan BISINDO berkembang secara alami. Kedua sistem memiliki keunggulan dan tantangan masing-masing yang berkaitan dengan kenyamanan komunikasi antara guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup menggunakan skala Likert lima poin, yang disebarkan kepada 31 guru di SLB Negeri di Jakarta Utara. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui distribusi frekuensi, nilai rata-rata, dan persentase menggunakan perangkat SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap SIBI berada dalam kategori setuju dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 50,06 dari maksimum 60, menunjukkan dominasi penggunaan dan kenyamanan terhadap SIBI dalam pembelajaran formal. Di sisi lain, persepsi terhadap BISINDO berada pada kategori netral–setuju, khususnya dalam aspek pemahaman, namun pada dimensi penilaian dan pengalaman ditemukan kecenderungan netral dan tidak setuju. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi guru menunjukkan bahwa SIBI lebih dominan digunakan dan dinilai lebih sesuai dengan struktur pembelajaran formal di SLB. BISINDO, meskipun dipahami dan diapresiasi secara konseptual, belum diterapkan secara luas. (*****) This study aims to explore teachers’ perceptions regarding the use of the Indonesian Sign System (SIBI) and Indonesian Sign Language (BISINDO) as communication methods in teaching deaf students at State Special Needs Schools (SLB) in North Jakarta. The research is motivated by the existence of two sign language systems in Indonesia: SIBI, a formal system based on the grammatical structure of Bahasa Indonesia, and BISINDO, a naturally developed. Each system presents distinct advantages and challenges, particularly in relation to communicative comfort between teachers and students. The study employed a quantitative approach using survey techniques. Data were collected through a closed-ended questionnaire using a five-point Likert scale, distributed to 31 teachers in SLB across North Jakarta. The data were analyzed descriptively using frequency distribution, mean scores, and percentage analysis with the assistance of SPSS software. Findings reveal that teachers’ perceptions of SIBI fall within the “agree” category, with an overall mean score of 50.06 out of 60. This indicates dominant usage and comfort with SIBI in formal classroom instruction. In contrast, perceptions of BISINDO lie within the neutral–agree range, especially in terms of conceptual understanding. However, in the dimensions of assessment and experience, neutral and disagree responses were more prevalent. The study concludes that SIBI is more commonly used and perceived as more compatible with formal instructional structures in SLB. BISINDO, although conceptually understood and appreciated, has not been widely implemented.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. ; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 30985 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:36
Last Modified: 01 Sep 2025 01:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62264

Actions (login required)

View Item View Item