PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM KREATIVITAS TARI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Penelitian pada Siswa Usia 10-15 Tahun di Sanggar Tari Betawi Mak Manih)

RESKA AMELIA, . (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM KREATIVITAS TARI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Penelitian pada Siswa Usia 10-15 Tahun di Sanggar Tari Betawi Mak Manih). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

**Kemampuan kerjasama merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan tidak dapat hidup sendiri. Melalui kerjasama, individu belajar untuk saling membantu, menghadapi tantangan bersama, serta membangun lingkungan yang positif dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dalam kreativitas tari melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan rentang usia 10-15 tahun di sanggar tari Mak Manih. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Kurt Lewin, yang memiliki 4 tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini menganalisis data dengan menerapkan pendekatan gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan pelaksanaan tindakan 2 siklus yang melibatkan 10 siswa sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada setiap siklus. Pada tahap pra-siklus, rata-rata nilai siswa adalah 52,15 dan belum ada yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 59 dengan 3 siswa mencapai KKM. Selanjutnya, pada siklus II, rata-rata nilai meningkat signifikan menjadi 73,4 dan seluruh siswa (10 orang) mencapai KKM. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa di Sanggar Tari Mak Manih.** ***** The ability to cooperate is an important aspect in daily life, because humans are social creatures who need each other and cannot live alone. Through cooperation, individuals learn to help each other, face challenges together, and build a positive environment in daily activities. This research aims to improve students' cooperation skills in dance creativity through TGT-type cooperative learning with an age range of 10-15 years at the Mak Manih dance studio. The method used is Class Action Research (PTK) with the Kurt Lewin Model, which has 4 stages, namely Planning, Action, Observation, and Reflection. This study analyzed the data by applying a combined approach between qualitative and quantitative. Data were collected through observation and interviews with the implementation of 2-cycle actions involving 10 students as participants. The results of the study showed an increase in students' cooperation skills in each cycle. In the pre-cycle stage, the average student score was 52.15 and no one had reached the Minimum Completeness Criteria (KKM). In the first cycle, the average score increased to 59 with 3 students achieving KKM. Furthermore, in cycle II, the average score increased significantly to 73.4 and all students (10 people) achieved KKM. Thus, the application of the TGT type cooperative learning model has proven to be effective in improving students' cooperative skills at the Mak Manih Dance Studio. Keywords: Cooperation, Dance Creativity, TGT Type Cooperative**

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Selly Oktarini, S.Pd., M.Sn. ; 2) B. Kristiono Soewardjo., S.E., S.Sn., M.Sn.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Reska Amelia .
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:10
Last Modified: 03 Sep 2025 08:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62309

Actions (login required)

View Item View Item