PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PONDOK KELAPA 05 PAGI DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

NOPITA APRILIYANTI SUSANA, . (2025) PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PONDOK KELAPA 05 PAGI DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)
[img] Text
LAMPIRAN REP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan monopoli terhadap minat belajar IPS pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain two group prestestposttest control group design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur sebanyak 58 siswa/i. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil peneltian menunjukkan hasil uji t 0,007 < 0,05 artinya ada pengaruh media permainan monopoli terhadap minat belajar IPS kelas IV di SD Kelurahan Pondok Kelapa Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu memberikan materi pembelajaran secara kreatif kepada peserta didik dengan memanfaatkan media bermain sebagai alat bantu edukasi seperti pemanfaatan monopoli agar mampu meningkatkan minat peserta didik dalam menerima materi pembelajaran dan mendapatkan pemahaman maksimal dari apa yang disampaikan. ***** This experimental study aims to determine the effect of monopoly games on interest in learning social studies in fourth grade students. The method used is an experimental method with a two group pretest-posttest control group design. The sample in this study was 58 fourth grade students of SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Duren Sawit, East Jakarta. Sampling used the cluster random sampling technique. Data collection was carried out using a questionnaire and analyzed using the t test. The results of the study showed a t test result of 0.007 <0.05, meaning that there is an effect of monopoly game media on interest in learning social studies in fourth grade at SD Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit District, East Jakarta. Therefore, teachers need to provide learning materials creatively to students by utilizing play media as an educational tool such as the use of monopoly in order to increase students' interest in receiving learning materials and getting maximum understanding of what is conveyed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Taofik, M.Pd; 2). Prof.Dr.Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nopita Apriliyanti Susana .
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:43
Last Modified: 11 Sep 2025 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62403

Actions (login required)

View Item View Item