PENGARUH MEDIA GAMECARD SEKATA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI

ANNISA NUR ALIFIAH, . (2025) PENGARUH MEDIA GAMECARD SEKATA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSTAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (3).pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP-1_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguasaan kosakata anak usia dini yang belum mencapai tingkat yang seharusnya, di Taman Kanak-Kanak Nurul Faqih kelas B. Dikarenakan pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media berupa papan tulis dan buku bergambar. Karena alasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh media gamecard sekata terhadap penguasaan kosakata anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yang dirancang dalam bentuk Pretest-Posttest One Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas B Taman Kanak-Kanak Nurul Faqih, dengan populasi sama dengan sampel berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada penguasaan kosakata anak usia dini. Nilai pretest tertinggi dan terendah memiliki selisih sebesar 62 poin. Pada pelaksanaan posttest, kelas eksperimen memiliki selisih sebesar 17 poin. Sedangkan posttest memiliki selisih sebesar 42 poin dari nilai tertinggi dan terendah. Rata-rata nilai pretest adalah 63,84 meningkat menjadi 85,89 pada posttest dengan selisih 22,05 poin. Uji statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan gamecard sekata terbukti berpengaruh signifikan terhadap penpenguasaan kosakata anak usia dini dan membuat pembelajaran menjadi lebih aktif. ***** This research is motivated by the vocabulary mastery of early childhood children who have not reached the proper level, in Nurul Faqih Kindergarten class B. Because the learning used is still using media in the form of blackboards and picture books. For this reason, this study aims to examine the effect of the gamecard media on early childhood vocabulary mastery. This study uses a quantitative approach with an experimental method designed in the form of Pretest-Posttest One Group Design. The population in this study were students of class B Nurul Faqih Kindergarten, with the same population as the sample of 19 students. The results of the study showed a significant increase in early childhood vocabulary mastery. The highest and lowest pretest scores had a difference of 62 points. In the posttest, the experimental class had a difference of 17 points. While the posttest had a difference of 42 points from the highest and lowest scores. The average pretest score was 63.84 increasing to 85.89 in the posttest with a difference of 22.05 points. Statistical tests showed a significant difference (p <0.05). This proves that the use of word game cards has a significant effect on early childhood vocabulary mastery and makes learning more active.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Annisa Nur Alifiah .
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:30
Last Modified: 19 Sep 2025 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62482

Actions (login required)

View Item View Item