SITI NURHALIJAH NASUTION, . (2025) PENGARUH MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELURAHAN MERUYA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta dominannya metode pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Model RADEC menawarkan pendekatan pembelajaran aktif yang mendorong siswa untuk memahami, mendiskusikan, menjelaskan, dan menciptakan berdasarkan informasi yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas V di SDN Meruya Utara, yaitu satu kelas eksperimen yang menerapkan model RADEC dan satu kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest) dan dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 59,32 dan meningkat menjadi 84,29 pada posttest, dengan peningkatan sebesar 24,97 poin. Sementara itu, kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 60,43 dan meningkat menjadi 72,79 pada posttest, dengan peningkatan sebesar 12,36 poin. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki varians yang homogen. Selanjutnya, hasil uji-t terhadap data posttest menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model RADEC menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aspek menganalisis, mensintesis, mengenali dan memecahkan masalah, menyimpulkan, serta mengevaluasi informasi. Dengan demikian, model RADEC terbukti efektif dalam membangun dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. ***** This study aims to determine the effect of the RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) learning model on elementary school students’ critical thinking skills in Social Studies (IPS) subjects. The background of this research is based on the low level of students’ critical thinking skills and the dominance of conventional teacher-centered learning methods. The RADEC model offers an active learning approach that encourages students to understand, discuss, explain, and create based on the information obtained. This study used a quantitative method with a quasi-experimental design, specifically the Nonequivalent Control Group Design. The sample consisted of two fifth-grade classes at SDN Meruya Utara: one experimental class implementing the RADEC model and one control class using conventional learning. Data were collected through critical thinking tests administered before and after the treatment (pretest and posttest) and analyzed using statistical tests. The results showed a significant effect of the RADEC model on improving students’ critical thinking skills. The average pretest score in the experimental class was 59.32, which increased to 84.29 in the posttest, indicating a gain of 24.97 points. Meanwhile, the control class had an average pretest score of 60.43, increasing to 72.79 in the posttest, with a gain of 12.36 points. The normality test indicated that the data were normally distributed, and the homogeneity test confirmed that the variances between the two groups were homogeneous. Furthermore, the t-test result on the posttest data showed a significance value of 0.000 (< 0.05), indicating a statistically significant difference between the experimental and control classes. Students taught using the RADEC model demonstrated substantial improvement in analyzing, synthesizing, identifying and solving problems, drawing conclusions, and evaluating information. Therefore, the RADEC model is proven to be effective in fostering and enhancing students’ critical thinking skills in Social Studies learning at the elementarylevel.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, S.Pd.,M.Pd. ; 2). Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Siti Siti Nurhalijah Nasution . |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:05 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |