AFIFAH WULANDARI, . (2025) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT STRES AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMK JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
File COVER.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
File BAB 1.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
File BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
File Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan konseling kelompok dengan teknik psikodrama dapat menurunkan tingkat stress akademik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental designs dengan desain penelitian Onegroup pretest-posttest design. Sample penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Hang Tuah 1 Jakarta yang dikategorikan memiliki tingkat stress akademik tinggi. Dari penjaringan yang sudah dilakukan terdapat 156 sampel peserta didik dan kemudian peneliti juga menggunakan teknik sampling purposive sampling/sampel bertujuan yang dari hal tersebut didapatkan 10 sampel, dengan 10 peserta didik yang memiliki tingkat stress akademik tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji One-Sample Kolmogorov- Smirnov dan dari uji tersebut, ditemukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,200. Nilai signifikansi 0,200 ≥ 0,05, maka berdasarkan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov dapat dikatakan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Selanjutnya data di uji menggunakan Wiloxcon Match Pair Test dengan bantuan aplikasi Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 30.0.0. Wiloxcon Match Pair Test digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel berkolerasi yang datanya berbentuk ordinal. Dalam penelitian ini, hasil pretest akan dibandingkan dengan hasil posttest untuk mengukur pengaruh perlakuan dan menarik kesimpulan yang relevan. Dari pengujian hiotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai asymp. Sig = 0.05, Signifikan a = 0.05, hal ini berarti HO ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat diartikan bahwa pelaksanaan konseling kelompok dengan menggunakan Teknik psikodrama dapat memberikan pengaruh bagi berkurangnya stres akademik yang dirasakan oleh peserta didik kelas X SMK Hang Tuah 1 Jakarta. ***** A major goal of this study is to determine if psychodrama group directing techniques are effective in reducing academic stress among students. It was a pre- experimental study using a one-group pretest-posttest design. The sample consisted of tenth graders from SMK Hang Tuah 1 in Jakarta who were deemed to be severely overburdened with academic load. Ten students were selected using a purposive sample technique; among that group, ten reported high levels of academic stress. One-Sample Kolmogorov-Smirnov test was used to examine the data, with a significance level of 0.200. A significance threshold of 0.200 ≥ 0.05 is provided, if the data comply with a normal distribution. Following that, SPSS version 30.0.0 and the Wiloxcon Match Pair Test were used to analyze the data. The purpose of the Wiloxcon Match Pair assess is to test comparison hypotheses between two ordinal samples that are associated with one another. Research in this area compared participants' pre- and post-treatment test scores to determine the efficacy of the treatment. The results of the hypothesis testing demonstrated that α = 0.05 and Asymp. Sig. = 0.05, which means that HO is rejected and H1 is accepted. In conclusion, after group coaching sessions that use psychodrama techniques, the tenth graders at SMK Hang Tuah 1 Jakarta would likely experience much reduced academic pressure.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd.Kons ; 2). Dr. Wirda Hanim, M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Afifah Wulandari . |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:08 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |