MOBILITAS SOSIAL PENDIDIKAN ETNIS BETAWI (Studi Kasus 6 Keluarga Betawi di Pangkalan Jati Baru, Andara, Kota Depok)

PUTRI AYU WULANDARI, . (2025) MOBILITAS SOSIAL PENDIDIKAN ETNIS BETAWI (Studi Kasus 6 Keluarga Betawi di Pangkalan Jati Baru, Andara, Kota Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, untuk mendeskripsikan latar belakang 6 keluarga etnis Betawi di daerah Pangkalan Jati Baru, Depok. Kedua, untuk menguraikan proses mobilisasi sosial pendidikan 6 keluarga etnis Betawi di daerah Pangkalan Jati Baru, Depok. Ketiga, untuk menjelaskan dampak yang ditimbulkan dari upaya mobilisasi sosial pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam,dokumentasi dan studi literatur. Subjek penelitian terdiri dari 6 keluarga Betawi sebagai informan kunci, dengan latar belakang pendidikan dan ekonomi yang berbeda-beda. Kemudian dilengkapi oleh 3 informan triangulasi yaitu 1 keluarga Betawi ekonomi kelas atas diluar dari informan kunci dan 2 orang pegawai Kelurahan Pangkalan Jati Baru. Hasil penelitan ini menunjukan adanya pergeseran pola pikir orang tua etnis Betawi dalam memandang pentingnya pendidikan. Para orang tua Betawi generasi pertama cenderung tidak memprioritaskan pendidikan formal, sehingga banyak diantara mereka yang hanya mengenyam pendidikan sampai jenjang SD. Namun seiring berkembangnya zaman, orang tua Betawi pada generasi selanjutnya mulai menjadikan pendidikan sebagai sarana untuk memperbaiki kondisi sosial-ekonomi. Terlihat dalam penelitian ini bahwa semua orang tua menginginkan dan mengusahakan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Cara mengusahakannya pun berbeda-beda, bergantung pada kondisi ekonomi, motivasi anak dan orang tua, serta dukungan lingkungan. Tiga keluarga berhasil melakukan mobilitas sosial vertikal naik, ditandai dengan keberhasilan anak-anak mereka mencapai jenjang pendidikan tinggi. Sementara dua keluarga lainnya mengalami mobilitas sosial pendidikan horizontal, dan satu sisanya mengalami mobilitas sosial pendidikan vertikal turun. Dampak dari keberhasilan tersebut antara lain yaitu meningkatnya posisi sosial keluarga di mata lingkungan sekitar dan terbukanya akses terhadap pekerjaan yang lebih baik. Sebaliknya, pada keluarga yang tidak berhasil melakukan mobilitas pendidikan, dampaknya berupa stagnan sosial, hilangnya kesinambungan pendidikan tinggi, dan terbatasnya kesempatan kerja formal. Hal ini memperlihatkan bahwa mobilitas sosial pendidikan dalam keluarga Betawi berlangsung dinamis dan sangat dipengaruhi oleh faktor ekonomi, budaya, lingkungan, dan motivasi individu itu sendiri. Kata Kunci: Mobilitas Sosial, Mobilitas Pendidikan, Pendidikan, Etnis Betawi, Mobilitas Antar Generasi ***** This study has three main objectives. First, to describe the background of six Betawi ethnic families in the Pangkalan Jati Baru area, Depok. Second, to explain the process of educational social mobility experienced by these families. Third, to identify the impacts resulting from the efforts of educational social mobility. The research adopts a qualitative approach with a descriptive method. Data were collected through observation, in-depth interviews, documentation, and literature review. The primary subjects consisted of six Betawi families with varying educational and economic backgrounds, complemented by three triangulation informants: one upper-class Betawi family outside of the main subjects and two staff members of the Pangkalan Jati Baru urban village office. The findings show a shift in the mindset of Betawi parents regarding the importance of education. First-generation Betawi parents tended not to prioritize formal education, with many only completing primary school. However, as times have changed, the next generation of Betawi parents has increasingly viewed education as a means of improving their socio-economic status. The study shows that all parents involved aimed to provide the best possible education for their children. Each family's approach to achieving social mobility within the family varies, depending on economic circumstances, the motivation of the child and parents, and environmental support. Three families successfully achieved upward vertical social mobility, as indicated by their children attaining higher education. Meanwhile, two other families experienced horizontal educational social mobility, and the remaining one experienced downward vertical educational social mobility. The impacts of this success include an improved social status within the community and greater access to formal employment. On the other hand, families that did not achieve upward educational mobility faced social stagnation, a lack of continuity in higher education, and limited access to formal job opportunities. These findings illustrate that educational social mobility among Betawi families is dynamic and heavily influenced by economic, cultural, environmental, and individual motivational factors. Keywords: Betawi Ethnicity, Social Mobility, Educational Mobility, Education, Intergenerational Mobility

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdi Rahmat, M.Si. ; 2). Syaifudin, S.Pd.,M.Kesos.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Putri Ayu Wulandari .
Date Deposited: 13 Oct 2025 00:48
Last Modified: 13 Oct 2025 00:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62664

Actions (login required)

View Item View Item