IBNU JUM'AIDI, . (2025) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN SPEAKING SKILLS DENGAN STRATEGI THINK, TALK, WRITE MEMANFAATKAN E-PORTFOLIO DI SMP SCHOOL OF HUMAN KELAS VIII. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI- COVER 1-16.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI - BAB 1-17-28.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI-BAB II-29-54.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI-BAB III-55-66.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) | Request a copy |
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI-BAB IV-67-93.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI-BAB V-94-95.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI-DAFTAR PUSTAKA-96-102.pdf Download (681kB) |
![]() |
Text
IBNU JUM'AIDI-LAMPIRAN-103-150.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran guna meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan strategi Think–Talk–Write (TTW) yang diintegrasikan dengan platform e-portfolio, dan secara khusus diterapkan pada murid kelas VIII di SMP School of Human. Dengan menggunakan model ASSURE, penelitian ini secara sistematis menganalisis karakteristik murid, merumuskan tujuan pembelajaran, memilih strategi dan media yang relevan, memanfaatkan alat e-portfolio (Google Sites), memastikan partisipasi aktif murid, serta mengevaluasi hasil belajar.Produk dari penelitian ini berupa desain pembelajaran yang menggabungkan aktivitas berbicara terstruktur dengan dokumentasi digital dan refleksi. Desain ini divalidasi melalui penilaian para ahli dan implementasi di kelas, yang melibatkan asesmen formatif dan sumatif. Hasil menunjukkan bahwa integrasi strategi TTW dan e-portfolio secara signifikan meningkatkan performa berbicara murid, keterlibatan dalam pembelajaran, serta kemandirian belajar. Berdasarkan penilaian para ahli, desain pembelajaran ini dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan di kelas, dengan persentase kelayakan sebesar 88,8%, yang menunjukkan bahwa desain ini memenuhi standar pedagogis dalam pengembangan pembelajaran modern.Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dengan menghadirkan model yang dapat direplikasi, serta menjawab kebutuhan akan kompetensi komunikatif dan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Desain ini mendorong pengalaman belajar yang aktif, reflektif, dan personal yang sejalan dengan prinsip pendidikan abad ke-21 dan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Strategi Think–Talk–Write, E-Portfolio, Desain Pembelajaran, Model ASSURE, Sekolah Menengah Pertama.*****This research aims to develop an instructional design for improving speaking skills using the Think-Talk-Write (TTW) strategy integrated with an e-portfolio platform, specifically implemented in Grade VIII at SMP School of Human. Employing the ASSURE model, this study systematically analyzes learner characteristics, sets learning objectives, selects relevant strategies and media, utilizes e-portfolio tools (Google Sites), ensures learner participation, and evaluates learning outcomes. The product of this research is an instructional design that combines structured speaking activities with digital documentation and reflection.The design was validated through expert judgment and classroom implementation, involving formative and summative assessments. Results show that the integration of TTW and e-portfolio significantly enhanced students’ speaking performance, engagement, and autonomy in learning. Based on expert evaluations, the instructional design was considered very feasible for classroom implementation, with a feasibility percentage of 88.8%, indicating that it meets pedagogical standards for modern instructional design.This study offers theoretical and practical contributions by presenting a replicable model that addresses both communicative competence and digital literacy in EFL (English as a Foreign Language) learning. The design encourages active, reflective, and personalized learning experiences that align with the principles of 21st-century education and the Indonesian Merdeka Curriculum. Keywords:Speaking Skills, Think-Talk-Write Strategy, E-Portfolio, Instructional Design, ASSURE Model, Junior High School.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Eveline Siregar, M.Pd 2). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Ibnu Jum'aidi . |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 03:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |