PENGARUH PERMAINAN BOLING TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN ANAK USIA 5 - 6 TAHUN (STUDI EKSPERIMEN DI BKB PAUD DAHLIA 03 KELURAHAN PISANGAN TIMUR, KECAMATAN PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR)

NIDYA KHANSA FADHILAH, . (2020) PENGARUH PERMAINAN BOLING TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN ANAK USIA 5 - 6 TAHUN (STUDI EKSPERIMEN DI BKB PAUD DAHLIA 03 KELURAHAN PISANGAN TIMUR, KECAMATAN PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai pengaruh permainan boling terhadap kemampuan operasi penjumlahan anak usia 5 – 6 tahun di BKB PAUD Dahlia 03 Kelurahan Pisangan Timur, Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Design dalam bentuk Teknik dua grup dengan pre-test dan post-test dan mengumpulkan data dengan instrumen observasi (ceklis). Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung 1 = 15,90; thitung 2 = 8,62; thitung 3 = 6,31 dan harga ttabel = 1,701 dengan dk = 28 pada taraf signifikan = 0,05 yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan boling berpengaruh positif terhadap kemampuan operasi penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Permainan boling dapat dijadikan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran operasi penjumlahan, sehingga anak dapat lebih memahami konsep ini dengan cara yang konkrit dan menyenangkan. Kata Kunci : Permainan Boling, Kemampuan Operasi Penjumlahan, Anak Usia 5-6 Tahun. This study aims to obtain data on the effect of bowling games to addition ability on 5 – 6 years old children’s studies on BKB PAUD Dahlia 03, Kelurahan Pisangan Timur, East Jakarta. The design of research is True Experimental Design and the form of design is Two Group with Pre-Test and Post-Test Design and the data collected with observation instrument (check list). The study analysis tested with normality technique. T-test used for the study hypotesis. Based on the t-test for the hypotesys study, thitung 1 = 15,90; thitung 2 = 8,62; thitung 3 = 6,31 and ttabel = 1,701 with dk = 28 at a significant level α = 0,05 with conclude H0 rejected and H1 accepted. This result of this study indicate that bowling has positive effects on five to six years old children’s addition ability. Bowling could be used as an alternative activity for children to understand better about addition concept in a concrete and entertaining way. Key words: Bowling Games, Addition ability, 5 to 6 Years Old Children’s

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. Sihadi D. Wihardjo, M.Pd. ; 2). Dr. Sofia Hartati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1657 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2020 11:43
Last Modified: 20 Apr 2020 11:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item View Item