PENGEMBANGAN MOOCS DENGAN METODE CASE STUDIES PADA MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGIK BAGI MAHASISWA PROGRAM S-2

LYLYS ENDARWATI, . (2025) PENGEMBANGAN MOOCS DENGAN METODE CASE STUDIES PADA MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGIK BAGI MAHASISWA PROGRAM S-2. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (546kB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 HasilPembahasan_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Lampiran Tesis_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan menghasilkan MOOCs pada Mata Kuliah Manajemen Strategik dengan Metode Case Studies Bagi Mahasiswa Program S-2 dengan menguji kelayakan dan efektifitas berdasarkan pendapat ahli dan uji ahli juga untuk mendukung upaya penyediaan pendidikan yang berkualitas tinggi dan mengantisipasi kebutuhan masa depan. Pengembangan ini diawali dengan pengumpulan data dan informasi untuk menggali permasalahan dan potensi pengembangan MOOCs, dilanjutkan dengan langkah-langkah pengembangan sesuai model Smaldino (ASSURE) yang dikembangkan melalui serangkaian tahapan yang sistematis yang mencangkup Analyze learner, Select objective, Select method, media and strategy, Utilize media and material, Revise and evaluate. Data kuantitatif didapatkan melalui uji ahli materi, ahli media dan uji ahli desain pembelajaran serta uji one to one. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pengembangan MOOCs dengan metode studi kasus sangat layak untuk diterapkan bagi mahasiswa program S-2 dengan perolehan skor 4 dari 4. Hasil dari uji ahli desain pembelajaran didapatkan skor 3,7 dari 4 yang menyatakan layak untuk diterapkan bagi mahasiswa S-2. Penelitian ini telah menghasilkan pengembangan MOOCs dengan metode case studies pada mata kuliah Manajemen Strategik menggunakan model pengembangan ASSURE dengan mengintegrasikan teknologi secara aktif dalam pembelajaran sehingga menghasilkan rancangan pengembangan yang sangat baik sesuai dengan tujuan penelitian ini. Model pengembangan ASSURE terbukti layak diterapkan untuk mendesain MOOCs dengan studi kasus bagi mahasiswa S-2 di Universitas Indonesia. Setiap tahap dalam model pengembangan ini memberikan kerangka kerja yang sistematis dan terstruktur untuk merancang dan mengimplementasikan MOOCs dengan studi kasus. Kata Kunci: ASSURE, MOOCs, Pengembangan, Studi Kasus

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Eveline Siregar 2). Dr. Cecep Kustandi
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Lylys Endarwati .
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:15
Last Modified: 12 Nov 2025 04:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62804

Actions (login required)

View Item View Item