HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN JOHAR BARU JAKARTA PUSAT

UMI PATIMAH, . (2014) HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN JOHAR BARU JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. kata pengantar.pdf

Download (8kB)
[img] Text
5. daftar isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
9. bab I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
10. bab II.pdf

Download (302kB)
[img] Text
11. bab III.pdf

Download (736kB)
[img] Text
12. bab IV.pdf

Download (353kB)
[img] Text
13. bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara minat membaca dengan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kelurahan Johar Baru Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di kelurahan Johar Baru, dengan responden sebanyak 60 siswa dari 3 sekolah yang terpilih secara acak melalui teknik simple random sampling sebagai sampel di kelurahan Johar Baru, yaitu dari SDN Johar Baru 21 Pagi, SDN Johar Baru 07 Pagi dan SDN Johar Baru 10 Pagi. Pengumpulan data diperoleh melalui pengisian 30 butir angket yang diukur dengan skala Likert serta pemberian 32 butir tes kepada responden. Adapun model persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = -11,39 + 0,43X. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,6773. Setelah itu, dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji-t, lalu dapat dipastikan bahwa thitung = 7,011 > 1,67 = ttabel yang berarti juga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD di kelurahan Johar Baru Jakarta Pusat. Selain itu, melalui uji koefisien determinasi didapat angka sebesar 45,87% variansi yang terjadi pada penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa ditentukan oleh minat membaca siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara minat membaca dengan penguasaan kosakata bahasa Inggrisnya siswa kelas V SD di kelurahan Johar Baru Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herlina, M.Pd. ; 2). Yustia Suntari, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:53
Last Modified: 25 Oct 2019 14:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item