MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL AKSARA HAN BERBASIS WEBSITE (PENELITIAN PENGEMBANGAN UNTUK DIKLAT GURU BAHASA MANDARIN SMA/SMK/MA YANG DISELENGGARAKAN OLEH PPPPTK BAHASA)

MULAWARNI, . (2020) MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL AKSARA HAN BERBASIS WEBSITE (PENELITIAN PENGEMBANGAN UNTUK DIKLAT GURU BAHASA MANDARIN SMA/SMK/MA YANG DISELENGGARAKAN OLEH PPPPTK BAHASA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (670kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang model pembelajaran kontekstual aksara Han berbasis website, sehingga penelitian ini menghasilkan produk website. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan model pembelajaran kontekstual aksara Han berbasis website bagi guru bahasa Mandarin SMA/SMK/MA; 2) merancang prototipe model pembelajaran kontekstual aksara Han berbasis website; 3) mengukur kelayakan prototipe model pembelajaran kontekstual aksara Han berbasis website oleh ahli media dan ahli materi; 4) melakukan uji coba prototipe model pembelajaran kontekstual aksara Han berbasis website kepada guru Bahasa Mandarin SMA/ SMK/ MA; 5) mengetahui persepsi guru bahasa Mandarin tentang model pembelajaran kontekstual aksara Han berbasis website. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) model pembelajaran ini dibutuhkan oleh guru Bahasa Mandarin SMA/SMK/MA; 2) rancangan prototipe model pembelajaran website ini terdiri dari rancangan produk berupa website, rancangan model pembelajaran kontekstual aksara Han, dan penyusunan materi; 3) Persentase kelayakan model pembelajaran ditinjau dari segi materi pembelajaran dan media dari penilaian ahli materi dan media. Hasil kelayakan tersebut adalah sebesar 78% yang artinya materi dan media yang disajikan masuk dalam kategori ―layak‖; 4) Persentase kelayakan uji coba yang diberikan kepada guru Bahasa Mandarin SMA/SMK/MA adalah sebesar 85,96% terhitung dalam kategori ―sangat layak‖. Hasil persepsi guru Bahasa Mandarin sebagai pengguna adalah bahwa materi yang disajikan dapat membantu dalam pembelajaran aksara Han. Dengan demikian prototipe model pembelajaran kontekstual aksara Han berbasis website yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk Diklat Guru Bahasa Mandarin SMA/SMK/MA yang diselenggarakan oleh PPPPTK Bahasa. Kata Kunci: model pembelajaran kontekstual, aksara Han, berbasis website

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 2385 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 22:12
Last Modified: 09 Apr 2020 22:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item