MANAJEMEN SUKSESI DI PERUSAHAAN KELUARGASTUDI KASUS DI PT BAKRIE BROTHERS TBK

VIDI ROSEN, . (2020) MANAJEMEN SUKSESI DI PERUSAHAAN KELUARGASTUDI KASUS DI PT BAKRIE BROTHERS TBK. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis pelaksanaan manajemen suksesi dalam perusahaan keluarga dan meneliti hal apa saja yang berperan penting untuk mendukung kesuksesannya, khususnya di PT Bakrie Brothers Tbk (BNBR). Hal ini perlu diketahui agar kelangsungan perusahaan dapat terus terjaga di masa yang mendatang. Sebagai salah satu perusahaan keluarga terbesar di Indonesia BNBR telah melewati pasang surut di dunia bisnis, berusia 77 tahun, memiliki berbagai macam bisnis, karyawan yang berjumlah ribuan, dan telah dikelola oleh tiga generasi, BNBR merupakan suatu kasus yang sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kasus tunggal. Penelitian diawali dengan melakukan observasi awal, kemudian dilanjutkan dengan studi literatur dan penelitian ke lapangan. Data primer yang didapat berupa wawancara sebelas anggota keluarga dan senior eksekutif, sedangkan data sekunder berupa annual report, prospektus, publikasi, foto-foto, analisis industri oleh media, situs web dan lain-lain. Penelitian dilanjutkan dengan pengorganisasian data dengan melakukan pembuatan transkrip hasil wawancara, mereduksi data dengan melakukan coding dari hasil proses wawancara mendalam, dan menghasilkan temuan peneliti. Untuk keabsahan data hasil wawancara dan lainnya peneliti melakukan triangulasi sumber data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa keberhasilan melaksanakan suksesi ditentukan oleh beberapa hal, antara lain adanya kesadaran dari pemilik perusahaan bahwa kelangsungan perusahaan merupakan suatu kebutuhan dan manajemen suksesi merupakan salah satu kuncinya. Kedua, menentukan entepreneurship sebagai kompetensi inti yang harus dimiliki oleh siapapun yang akan menjadi pimpinan perusahaan. Ketiga, menggunakan budaya perusahaan sebagai acuan perilaku bagi seluruh calon pemimpin perusahaan, dan yang terakhir adalah membangun suatu sistem pengembangan pemimpin perusahaan bagi anggota keluarga dan juga professional yang ada di dalamnya. Dalam penelitian ini ada tiga kebaruan penelitian yaitu dari objek penelitan, kasus yang diteliti, dan model manajemen suksesi. Dari sisi objek penelitian BNBR merupakan suatu perusahaan konglomerasi yang sangat besar dan berusia cukup tua. Hal ini tidak ditemui di dalam penelitian penelitian yang sebelumnya di Indonesia. Dari sisi kasus yang diteliti juga ada kebaruan yang dilakukan melibatkan profesional yang terlibat di dalam proses manajemen suksesi didalam BNBR. Dalam kesimpulan ditemukan bahwa salah satu kunci keberhasilan manajemen suksesi di dalam perusahaan keluarga adalah dengan mengembangkan para profesional di dalam berbagai tingkatan kepemimpinan untuk dapat menjadi kandidat pimpinan perusahaan di masa yang mendatang. Kebaruan ketiga dari penelitian ini adalah model manajemen suksesi perusahaan yang dihasilkan. Model ini berbeda dengan apa yang pernah dihasilkan oleh penelitian penelitian sebelumnya. Kata kunci : Manajemen Suksesi, Pengembangan Eksekutif, Perusahaan Keluarga The purpose of this research is to analyze the succession management in a family business, while researching what matters do play the important roles in the success of the management succession process, as specially at PT Bakrie Brothers Tbk. As one of the largest family business in Indonesia, BNBR has gone through ups and downs in the business world. The company has been in business for 77 years, it has a variety line of businesses, thousands of employees, and has been managed by three generations of Bakrie family. It’s a very interesting case to be studied. This study uses a qualitative method with a single case method approach. In the beginning pre observation was conducted and followed by literatures study as well as field research. The primary data gathered from deep interview process from eleven member of family and senior executives, while the secondary data gathered from annual report, prospectus, publication, industry analysis report, web, and others. Coding process was conducted to analyze the data and triangulation used to verify the result. In this study it was found that the success of implementing succession management is determined by several things, such as the awareness of the owner to realize that the company's sustainability is depend on how they manage the succession management process. Secondly determining entrepreneurship as a competency that must be possessed by every prospective company leader. Thirdly, maintain the company's culture as a reference for behavior, and the last is to build a system of Bakrie corporate leader development for family members and the professionals in the company. There are three novelties in this research, the first one in terms of the research object, BNBR is a very large conglomerate company and is quite old. This kind of object was not found in previous similar research in Indonesia. Most research on succession management is done in medium sized family companies and most of the objects do not have a long journey like BNBR. The total assets, revenue generated, and the number of employees owned by BNBR is far greater than the previous research object studies. Secondly, most of previously researched only focused on the replacement of leaders within family members. On the other hand, this study also focused on professionals who involved in the succession management process within BNBR. In conclusion it was found that one of the keys to the success of succession management in a family company is to develop professionals in various levels of leadership to become candidates for the future leader. The third novelty of this study is the succession management model of the company. This succession management model explains the stages, steps, and activities that must be carried out for family members and also non-family professionals who work in the company. This model is different from what has been produced by previous research studies Keywords: Succession Management, Executive Development, Family Business

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muchlis R. Luddin, MA ; 2). Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 1527 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:52
Last Modified: 21 Apr 2020 08:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6348

Actions (login required)

View Item View Item