KONFLIK BATIN DALAM NOVEL “ SERIBU KILAUAN MATAHARI ” KARYA KHALED HOSSEINI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN TELAAH SASTRA

AKBAR KARYANTO, . (2014) KONFLIK BATIN DALAM NOVEL “ SERIBU KILAUAN MATAHARI ” KARYA KHALED HOSSEINI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN TELAAH SASTRA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover,abstrak,kata pengantar dan daftar isi.pdf

Download (414kB)
[img] Text
skripsi bab 1-5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Konflik Batin dalam Novel “Seribu Kilauan Matahari” karya Khaled Hosseini dan Implikasinya dalam Pengajaran Telaah Sastra Arab, besar harapan agar hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pengajaran Telaah Sastra Arab bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode analisisisi berdasarkan kajian pustaka. Fokus penelitian ini adalah Konflik Batin Dalam Novel “Seribu Kilauan Matahari” karya Khaled Hosseini.Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel klasifikasi yang berisikan klasifikasi tentang Konflik Batin berdasarkan bentuk dan sumbernya. Klasifikasi Konflik Batin berdasarkan bentuk-bentuknya yaitu Konflik mendekat-mendekat, Konflik menjauh-menjauh,Konflik mendekatmenjauh . Di dalam Novel ini peneliti memberikan batasan penelitian pada Novel “Seribu Kilauan Matahari” karya Khaled Hosseini ini sehingga peneliti mengumpulkan dialog dalam bentuk Konflik Batin dan sumbernya yang terdapat dalam Novel sejumlah 3 bentuk Konflik batin dan 11 sumbernya. Peneliti meringkas dalam penelitian ini bahwa Bentuk-Bentuk Konflik batin terdapat dalam 27 dialog, dan perincianya sebagai berikut : Konflik mendekat-mendekat 3 (11%) dialog, Konflik menjauh-menjauh berjumlah 5 (19%) dialog, Konflik mendekat-menjauh 19 (70%) dialog. Dan sumber-sumber Konflik batin terdapat dalam 27 dialog, dan perinciannya sebagai berikut : Tindakan atau perlakuan yang menimbulkan sakit hati berjumlah 1 (4%) dialog, Segala sesuatu yang bisa mempengaruhi martabat dan harga diri berjumlah 1 (4%) dialog, Ketika keadaan seseorang merasa bahwa dirinya tidak berharga terhadap orang lain berjumlah 4 (15%) dialog, Ketika ketakutan memperdayai hilangnya status sosial berjumlah 1 (4%) dialog, Ketika dirinya merasa lemah dan ketidakberdaaan atas kebiasaan buruk berjumlah 4 (14%) dialog, Ketika mendapat ujian dari pemimpin yang dzolim berjumlah 2 (7%) dialog, Ketika menghukum yang bukan haknya berjumlah 6 (22%) dialog, Ketika melarang atas penyelesaian dengan sewenang-wenang berjumlah 1 (4%) dialog, Ketika merasakan jauhnya rasa kesenjangan antara ambisi dan kesanggupan berjumlah 4 (14%) dialog, ketika terasa jauh kesenjangan antara yang dimiliki dan yag dilihat berjumlah 2 (7%) dialog, Ketika melihat orang lain merasa berkcukupan berjumlah 1 (4%) dialog. Implikasi penelitian terhadap pengajaran Telah Sastra yakni menjadikan novel “Seribu Kilauan Matahari” karya Khaled Hosseini sebagai salah satu bahan pelajaran khususnya dalam pengajaran analisis teks sastra Arab pada tingkatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri Safitri
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:44
Last Modified: 25 Oct 2019 15:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item