PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK TIRTA SARI SURYA JAKARTA

NIKEN MUTIA ANGGRAENI, . (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK TIRTA SARI SURYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NIKEN MUTIA ANGGRAENI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Tirta Sari Surya Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Juni 2016. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kolerasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Tirta Sari Surya Jakarta yang berjumlah 143 orang siswa dengan sampel 100 orang siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data variabel Y (Prestasi Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari nilai raport pada bulan Juni 2016. Sedangkan data variabel X1 (Kecerdasan emosional) data yang digunakan adalah data sekunder yaitu kuesioner dari Hamzah B. Uno serta data variabel X2 (Motivasi belajar) instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 6,996 lebih besar dari ttabel sebesar 2,010. Motivasi Belajar belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,633 lebih besar dari ttabel sebesar 2,010. Secara simultan ada pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 61,150 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,19. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 55,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Widya Parimita, SE, M.PA ; 2). Darma Rika S, S.Pd, M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Apr 2020 20:07
Last Modified: 24 Oct 2022 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6626

Actions (login required)

View Item View Item