LERIWARTI SUTARNA, . (2020) HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN, SUPERVISI AKADEMIS, REGULASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (944kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (668kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (307kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (523kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan guru terutama guru sekolah dasar berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Di sisi lain Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah merupakan komponen penting dalam pengembangan mutu pendidikan. Supervisi Akademisterhadap metode pembelajaran, pedagogi guru dalam pembelajaran Bahasa juga berpengaruh pada tujuan pembelajaran. Regulasi diri dalam menampilkan kinerja dalam proses pembelajaran yang efektif. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh langsung dari: Gaya kepemimpinan, Supervisi Akademis, Regulasi Diri dan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan survey dengan pendekatan korelasi. Sampel yang digunakan adalah guru-guru kelas 1 SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia sekabupaten Cirebon. Penelitian ini akan mengkaji atau menganalisis hubungan antar variabel penelitian, serta mengukur pengaruh satu variabel bebas terhadap variabel lainnya. Hubungan ketiga variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel bebas yang dikaji terdiri dari tiga variabel yaitu: Gaya Kepemimpinan (X1), Supervisi Akademis (X2), Regulasi diri (X3), dan satu variabel terikat yaitu Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar (Y). Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat. namun variabel Supervisi sangat mempengaruhi, kenaikan atau peningkatannya akan mengurangi pengaruh berkurangnya pengaruh Gaya Kepemimpinan dan berkurangnya pengaruh Regulasi Diri. ***************** ABSTRACT The ability to teach teachers, especially primary school teachers, plays an important role in improving the quality of education. On the other hand, the Principal's Leadership Style is an important component in developing the quality of education. Academic Supervision of learning methods, teacher pedagogy in language learning also influences learning objectives. Self-regulation in displaying performance in an effective learning process. The purpose of this research is to find out and examine the direct influence of Leadership Style, Academic Supervision, Self-Regulation and Teaching Ability of Elementary School Teachers. The research method used is quantitative research using surveys with the correlation approach. The sample used was elementary school grade 1 teacher in Indonesian subjects in the Cirebon district. This study will examine or analyze the relationship between research variables, and measure the effect of one independent variable on other variables. Relationship of the three independent variables with the dependent variable. The independent variables studied consisted of three variables, Leadership Style (X1), Academic Supervision (X2), Self Regulation (X3), and one dependent variable, namely the Teaching Ability of Primary School Teachers (Y). Correlation results indicate a strong relationship between each independent variable with the dependent variable. but the Supervision variable greatly influences, the increase or increase will reduce the influence of the reduced influence of the Leadership Style and the reduced influence of Self Regulation.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Nurhatatti Fuad, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 2587 not found. |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 13:30 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 01:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6653 |
Actions (login required)
View Item |