ANANDHA BUDIANTORO, . (2020) EVALUASI PROGRAM ALIH DAYA DI PT. ARU RAHARJA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis tentang kesesuaian tujuan dari program alih daya di PT. Aru Raharja dengan kebutuhan dari perusahaan pengguna. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan evaluasi program sebagai metodenya, dan pemilihan model menggunakan context, input, process, dan product (CIPP). Penelitian ini dilaksanakan di PT. Aru Raharja Kantor Pusat dan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Utama DKI Jakarta. Informan dalam penelitian ini antara lain berasal dari unsur pemerintah, perusahaan pengguna, manajemen PT. Aru Raharja, dan tenaga kerja alih daya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Fakta yang ditemukan dalam tiap aspek kemudian dikategorikan dalam tinggi, moderat, dan rendah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) komponen context yang terdiri dari kebutuhan, landasan hukum, tujuan, dan sasaran program sebagian besar telah memenuhi kriteria, (2) komponen input masih memerlukan banyak perbaikan diantaranya pedoman rekruitmen dan seleksi yang belum ada, kesiapan pimpinan dan staf melaksanakan program, sumber dana untuk pelatihan yang terbatas. (3) Komponen process juga sebagian besar memerlukan perbaikan seperti saluran komunikasi yang tidak lancar, ketiadaan penilaian kinerja, pengawasan program alih daya oleh pihak ekternal. (4) Komponen product kriteria sebagian besar tidak memenuhi kriteria seperti target PT. Aru Raharja tidak tercapai, perusahaan pengguna kurang puas dengan program alih daya, dan prinsip keadilan bagi tenaga kerja alih daya. Secara keseluruhan hasil dan manfaat program alih daya di PT. Aru Raharja, belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan dari perusahaan pengguna serta masih membutuhkan banyak perbaikan. Kebaruan penelitian ini ada pada saluran komunikasi, pentingnya fungsi dari saluran komunikasi belum pernah dibahas pada penelitian sebelumnya. Selain itu pentingnya fungsi dari relationship officer sebagai jembatan penghubung komunikasi antara manajemen PT. Aru Raharja dengan user yaitu PT. Jasa Raharja (Persero), dan tenaga kerja alih daya. Selanjutnya implikasi dari penelitian ini adalah berupa kontribusi pemikiran yang direkomendasikan, untuk dapat dijalankan oleh pihak manajemen PT. Aru Raharja sehingga akan tercipta perbaikan dan peningkatan layanan alih daya di PT. Aru Raharja. ************************** ABSTRACT This study aims to evaluate and analyze the suitability of the objectives of the outsourcing program at PT. Aru Raharja with the needs of the user company. The approach used in this study is qualitative with program evaluation as a method, and model selection using context, input, process, and product (CIPP). This research was conducted at PT. Aru Raharja Head Office and PT. Jasa Raharja (Persero) DKI Jakarta Main Branch. The informants in this research came from elements of government, user companies, management of PT. Aru Raharja, and outsourced labor. Data collection techniques using interviews, observation, and study documentation. Facts found in each aspect are then categorized as high, moderate and low. The evaluation results show that: (1) the context component consisting of needs, legal basis, objectives, and program objectives largely fulfills the criteria,(2) the input component still needs a lot of improvements including recruitment and selection guidelines that do not yet exist, the readiness of leaders and staff to implement the program , limited source of funds for training. (3) Process components also mostly require improvements such as non-smooth communication channels, lack of performance appraisal, supervision of outsourcing programs by external parties. (4) Component product criteria mostly do not meet criteria such as PT. Aru Raharja was not reached, the user company was less satisfied with the outsourcing program, and the principle of fairness for the outsourcing workforce. Overall results and benefits of the outsourcing program at PT. Aru Raharja, has not fully met the needs of the user company and still needs a lot of improvement. The novelty of this research is in the communication channel, the importance of the function of the communication channel has never been discussed in previous studies. In addition, the importance of the function of the relationship officer as a bridge connecting communication between the management of PT. Aru Raharja with the user, PT. Jasa Raharja (Persero), and outsourcing labor. Furthermore, the implication of this research is in the form of thought contribution that is recommended, to be carried out by the management of PT. Aru Raharja so there will be improvements and upgrading of outsourcing services at PT. Aru Raharja Keywords: Outsourcing, Evaluation Program, CIPP Model.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Maruf Akbar, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Wibowo, SE, M.Phil. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Users 2294 not found. |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 13:43 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 13:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6663 |
Actions (login required)
View Item |