PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SEKOLAH DASAR

RENY KRISTYOWATI, . (2020) PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS I DI SEKOLAH DASAR Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan komik literasi sains berbasis lingkungan serta dan menghasilkan media pembelajaran berupa komik literasi sains berbasis lingkungan untuk pembelajaran literasi sains di kelas I Sekolah Dasar yang layak untuk digunakan. Penelitian ini adalah contoh penelitian dan pengembangan dengan menggunakan acuan dari model Borg and Gall yang dimulai dengan tahap penelitian dan pengumpulan informasi, kemudian dilanjutkan dengan perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah wawancara, observasi, angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah sistematis pengembangan komik literasi sains berbasis lingkungan dimulai dengan penelitian dan pengumpulan informasi, dilanjutkan dengan perencanaan, pengembangan produk awal, validasi dan revisi, uji coba lapangan, dan produk akhir. Media komik literasi sains berbasis lingkungan telah dikonfirmasi layak untuk digunakan. Dari beberapa hasil yang telah diperoleh di atas, maka dapat peneliti simpulkan bahwa komik berbasis lingkungan layak untuk digunakan dalam pembelajaran literasi sains serta respon peserta didik terhadap komik tersebut adalah Baik. Kata kunci: komik, literasi sains, lingkungan ABSTRACT DEVELOPMENT OF ENVIRONMENT-BASED COMICS FOR SCIENTIFIC LITERACY LEARNING AT FIRST GRADESTUDENTS IN THE ELEMENTARY SCHOOL This research and development aim to know how to develop science literacy comic based on environment and develop intructional media which is decent science literacy comic based on environment for use in science literacy class for grade 1 of elementary school. This research is an example of research and development using Borg and Gall model as reference which started with phase research and collecting information. Then planning, initial product development, initial field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operasional field testing. Data collection technique used in this research and development are interview, observation, and questionnaire. Data analysis technique used in this research and development are qualitative and quantitative data analysis technique. The result showed that the systhematic step in developing comics based environmental science literacy began with research and information gathering followed by planning, initial product development, validation and revision, field trials, and final product, comic media based on environment science literacy has been confirmed to be appropriate. From some of the result obtained above, the researcher can conclude that environment-based comics are appropriate for use in learning scientific literacy and student’s responses to these comics are “good”. Keywords: comics, scientific literacy, environment

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Agung Purwanto, M.Si. ; 2) Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Reny Kristyowati .
Date Deposited: 20 Apr 2020 14:17
Last Modified: 20 Apr 2020 14:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item View Item