NURUL APRILIYANTI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
NURUL APRILIYANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara citra merek dan gaya hidup dengan keputusan pembelian Smartphone iPhone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid dan reliabel. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur. Selama enam bulan terhitung Februari 2016 sampai dengan Juli 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sebanyak 72 orang. Untuk menjaring data dari ketiga variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Citra Merek (Variabel X1), Gaya Hidup (Variabel X2) dan Keputusan Pembelian Smartphone iPhone (Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk variabel X dan juga variabel Y. Untuk variabel X1, dari 28 butir pernyataan terdapat 23 butir pernyataan yang valid, untuk variabel X2, dari 27 pernyataan terdapat 24 pernyataan yang valid, sedangkan untuk variabel Y, dari 26 pernyataan terdapat 23 pernyataan yang valid. Perhitungan reliabilitas ketiga variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,922, variabel X2 0,953 dan variabel Y sebesar 0,892. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut ketiga variabel tersebut dapat dikatakan reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 9,924 + 0,395X1 + 0,484X2. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 50,55 > 3,13, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi parsial dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung X1-Y = 4,786 dan ttabel = 1,66, thitung X2-Y = 5,396 dan ttabel = 1,66. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,771 .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,771 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 58,3% yang menunjukkan bahwa 58,3% variasi keputusan pembelian ditentukan oleh citra merek dan gaya hidup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan gaya hidup secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone iPhone
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Corry Yohana, M.M ; 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 18:50 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 18:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6690 |
Actions (login required)
View Item |